Bupati Subang Minta BUMD Terlibat Proyek Tol Patimban

beritatandas.id, SUBANG – Bupati Subang H Ruhimat meminta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terlibat dalam pembangunan Tol Cipali-Patimban. Hal itu dilihat dari adanya pertemuan bupati Subang dengan Direktur Pengawasan Jalan Tol Kementrian PUPR, Rabu (27/1/2021).

Dalam pertemuan tersebut Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang mengungkapkan keinginannya agar Pemerintah Daerah melaui badan usaha miliknya, PT. Subang Sejahtera masuk dalam konsorsium pembangunan mega proyek nasional tersebut.

Kang Jimat selaku Kepala Daerah berharap agar Jasa Marga melibatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Subang dalam pembangunan, pengoperasian serta pemeliharaan jalan tol akses Cipali-Patimban tersebut.

Diketahui sebelumnya, PT. Subang Sejahtera sebagai BUMD Subang diperkirakan memiliki saham awal sebesar lima persen dalam proyek pembangunan jalan tol tersebut, namun hal itu masih dalam tahap diskusi, lalu Kang Jimat mengusulkan agar saham tersebut naik menjadi 10 persen.

“Saya bersyukur atas hasil yang saat ini telah diupayakan, adapun untuk usulan kenaikan saham yang saat ini tengah diproses masih dalam pertimbangan,” ujar Kang Jimat melalui rilis Forkopimda Subang.

Pelabuhan Patimban sendiri merupakan mega proyek nasional yang bertujuan untuk memperbesar pasar ekspor dan mengurangi traffic existing di Pelabuhan Internasional Tanjung Priok, pembangunan pelabuhan tersebut juga bertujuan untuk menekan biaya transportasi logistik di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Banten dan sebagian wilayah Jawa Tengah.

Reporter : Irvan