Diteriaki Audien Maju Pilbup, Ketua PKB Subang Ungkap Gagasan Subang Masagi

Subang, beritatandas.id – Suhu politik menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Subang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 mulai menghangat.

Sejumlah nama tokoh digadang-gadang akan maju dalam Pilbup Subang 2024 ini, terbaru nama Ketua DPC PKB Subang Zaenal Mutaqin muncul dalam peredaran bursa bakal calon bupati Subang.

Sebagaimana nampak antusias audien dalam dalam Halal Bihalal Istigosah dan Rembug Ulama Se-Kabupaten Subang meneriakan yel yel bupati saat Zaenal Mutaqin akan menaiki podium.

“Mari kita dengarkan bersama sambutan Ketua DPC PKB Subang Kang Bro Zaenal Mutaqin,” kata MC di Acara Halal Bihalal di Jl Otista, Kelurahan Karanganyar Subang pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Serentak ratusan audien menyambut dengan teriakan “Bupati, Bupati, Bupati,”.

Halal Bihalal Istigosah dan Rembug Ulama Se-Kabupaten Subang merupakan agenda perdana DPC PKB Subang pasca Hari Raya Idul Fitri 2024.

Acara ini dihadiri Rois PCNU Subang KH Agus Salim, Ketua Tanfidziyah PCNU Subang KH Satibi, Ketua Dewan Syuro DPC PKB Subang KH Sulaeman, Mustasyar PKB Subang Wari Maulana, Pimpinan Ponpes Minhajut Thalibin KH Machfudz Romli.

Turut dihadiri juga oleh Rois dan Ketua Tanfidz MWCNU Se-Kabupaten Subang, Pengurus DPAC PKB Se-Kabupaten Subang, Anggota dan Pimpinan FPKB DPRD Subang, dan Bacaleg PKB Subang, dan jajaran pengurus DPC PKB Subang.

Sebelumnya Dalam acara tersebut Ketua PCNU Kabupaten Subang KH Satibi menyebut bahwa PKB merupakan partai yang dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama, untuk memperkuat NU di parlemen.

Tak hanya di parlemen, KH Satibi berharap PKB dapat juga mengisi jabatan eksekutif di Kabupaten Subang kedepannya.

“Nahdlatul Ulama membentuk PKB untuk menguatkan Nahdlatul Ulama di parlemen,” kata KH Satibi.

“Syukur-syukur bupati nya dari Nahdlatul Ulama atau dari PKB,” sambungnya.

Senada dengan itu, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Subang KH Agus Salim, berharap PKB segera mengusung nama untuk maju dalam Pibup Subang 2024.

“Diantaranya ada Ketua DPC PKB Subang Kang Zaenal kita berharap bisa maju dalam Pemilihan Bupati Subang,” ujar KH Agus Salim.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ketua DPC PKB Subang saat ditanya wartawan mengenai kesiapan maju dalam kursi eksekutif di Kabupaten Subang dirinya siap maju apabila diperintahkan oleh partai.

Zaenal Mutaqin mengatakan prinsipnya dalam kontek Pilbup Subang siap menerima segala keputusan partai, termasuk untuk bertarung di Pilbup Subang 2024 karena ini merupakan tanggung jawab moral dan politik sebagai ketua partai yang berbasis kaum nahdliyin ini.

“Dalam kapasitas saya sebagai Ketua DPC PKB di Kabupaten Subang, bilamana partai menghendaki untuk maju di Pilbup Subang tahun 2024, saya siap,” kata Zaenal Mutaqin kepada wartawan dalam Halal Bihalal Istigosah dan Rembug Ulama Se-Kabupaten Subang di Jl Otista, Kelurahan Karanganyar Subang pada Sabtu, 6 Mei 2023..

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab moral dan politik mengabdikan diri sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat Subang,” sambung dia.

Ditanya soal gagasan yang akan diusung PKB Subang dalam Pilbup 2024, Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Bandung ini mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan gagasan politik kesejahteraan untuk Pilkada Subang 2024.

Gagasan politik kesejahteraan PKB Subang ini tertuang dalam “Subang Masagi” (Makmur, Agamis, Gotong Royong, dan Istimewa).

“Karena menurut pandangan kami urusan Pilkada ini tak hanya persoalan momentum perebutan kekuasaan saja, tetapi menyangkut gagasan politik yang dilakukan untuk perbaikan Subang lima tahun kedepan,” tegas dia.

Platform perjuangan politik kesejahteraan Subang Masagi diantaranya pertama Subang Makmur yaitu listrik dan air gratis bagi masyarakat miskin, pupuk gratis bagi petani yang memiliki lahan kurang dari satu hektar, subsidi pakan untuk peternak kelas menengah dan bawah, layanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin, dan beasiswa Perguruan Tinggi bagi siswa dari keluarga miskin.

“Kedua Subang Agamis menciptakan ruang publik yang toleran menjungung keberagaman, mendorong dibentuknya Perda Pesantren, Perda Guru Ngaji atau Kyai Kampung, dan Perda Majelis Taklim,” papar Zaenal

Selanjutnya Ketiga Subang Gotong Royong, melibatkan partisipasi publik dalam setiap pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Subang.

“Terakhir yang ketiga Subang Istimewa, potensi alam Subang yang melimpah merupakan modal dasar yang perlu dikelola dengan bijak dan profesional tanpa merusak lingkungan, membuat rencana tata ruang dan wilayah yang berkelanjutan,” pungkas Dia.

Zaenal menekankan platform politik kesejahteraan Subang Masagi merupakan gagasan politik yang akan diperjuangkan PKB dalam perhelatan Pilbup Subang 2024.***

Redaksi