DPC GRANAT Karawang Berikan Penyuluhan Bahayanya Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kaum Millenial Khususnya Pelajar

KARAWANG, beritatandas.id – Peredaran dan dampak narkoba saat ini sudah sangat meresahkan. Mudahnya mendapat bahan berbahaya tersebut membuat penggunanya semakin meningkat. Tidak mengenal jenis kelamin dan usia, semua orang berisiko mengalami kecanduan jika sudah mencicipi zat berbahaya ini.

Untuk mengantisipasi dan mencegah hal tersebut, Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Kabupaten Karawang. menggelar acara Pengenalan Organisasi Masyarakat GRANAT dan Penyuluhan Tentang Bahaya Narkotika terhadap kaum Millenial Kabupaten Karawang, Sabtu Malam (11/02/2023). Kegiatan tersebut bertempat di Desa Pancawati Kecamatan Klari Karawang

Kapolsek Klari Kompol Hidayat SH saat berikan sambutan serta himbauan.

Kapolsek Klari Kompol. Hidayat. SH dalam kesempatan ini menyampaikan tujuan diadakannya pembinaan tersebut agar masyarakat khususnya dikalangan pelajar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

“Penyuluhan Gerakan Anti Narkoba ini sangat perlu dilakukan agar terhindar dari bahayanya penyalah gunaan narkoba dan vandalisme yang nantinya menimbulkan gangguan Kamtibmas dikalangan masyarakat dan pelajar. Terkhusus penyalahgunaan narkoba, ini harus betul-betul dilakukan pembinaan yang serius karena hal itu bisa merusak kesehatan, moral, ekonomi dan keharmonisan keluarga,” ucap Kapolsek

Kepala Desa Pancawati Juhana menghadiri kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Juhana menyampaikan “ Kami selaku kepala desa pancawati sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh DPC GRANAT  Kabupaten Karawang, Narkotika ini sangat meresahkan bagi masyarakat sekitar karena dapat mengancam masa depan generasi penerus kita. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat terutama generasi muda khususnya pelajar kita untuk menjauhi narkoba” pungkas Kades Juhana

“Peredaran dan penyalahgunaan Napza, yakni Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya bukan hanya tugas BNN, Kepolisian dan salah satu ormas seperti GRANAT, tapi hal itu merupakan tugas kita bersama. Mulai dari pemerintah pusat sampai dengan pemerintah Desa/Kelurahan, Dusun dan Perkampungan di Daerah tetap satu komando dalam komitmennya untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan Narkotika di Kabupaten Karawang ini,” lanjut Juhana

Ketua DPC GRANAT Kabupaten Karawang Saat Berikan Paparan Terkait Bahayanya Penyalahgunaan Narkoba.

Dalam acara tersebut, Ketua DPC GRANAT Kabupaten Karawang M. Sowman Barkah yang akrab di sapa Arka, memberikan penyuluhan serta materi tentang bahaya narkoba. Karena narkoba merupakan obat-obatan yang bisa memengaruhi cara kerja otak, mengacaukan kondisi fisik dan mental seseorang, serta memiliki risiko kecanduan yang kuat. Efek sampingnya  dapat berbahaya untuk fisik maupun jiwa.

Ada beberapa hal dari efek samping penggunaan narkoba yaitu bisa menurunkan kesadaran hingga hilang ingatan. Hal ini dikarenakan narkoba dapat mengakibatkan efek sedatif seperti kebingungan, perubahan perilaku.

“Hal lain juga bisa memicu dehidrasi parah dan ketidak seimbangan elektrolit yang berakibat serangan panik, halusinasi, sakit dada, hingga kejang-kejang dan menyebabkan kerusakan otak dan fungsi organ lainnya,” jelasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolsek Klari Kompol. Hidayat. SH, Ketua DPC GRANAT Karawang M. Sowman Barkah bersama Pengurus DPC GRANAT, Kanit Binmas Polsek Klari Ipda M. Arif R, Kanit Reskrim Polsek Klari Ipda Cahya, Bhabinkamtibmas Desa Pancawati Bripka Andi Apandi, Kepala Desa Pancawati Juhana, Tokoh Masyarakat, toko Agama, warga pancawati, anak remaja serta Pelajar, peserta yang hadir 50 orang.

( Lx )