Gunakan Fasilitas Handphone Untuk Memasarkan Hasil UMKM

Karawang, beritatandas.id – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil Jabar X (Karawang-Purwakarta), Hj.Sri Rahayu Agustina SH, menggelar kegiatan reses I Tahun sidang 2022-2023 di Desa Talagajaya, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Rabu (02/11/2022).

 

Kegiatan reses I ini dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Jabar Hj. Sri Rahayu Agustina. SH, Sekretaris Dinas Koperasi H. Amid Mulyana. Dinas Disperindag Drs.H Adang, M.Pd. Kepala Desa Talagajaya, Naja Nurjaya SE. SH. dan Aparatur pemerintah desa lainnya beserta perwakilan dari pelaku UMKM warga Desa Talagajaya.

 

Hj. Sri Rahayu Agustian. SH, Menyampaikan kegiatan hari ini adalah untuk menyerap aspirasi dari masyarakat secara otomatis untuk meningkatkan UMKM yang ada di Desa Talagajaya, gunakan fasilitas handphone untuk memasarkan hasil UMKM melalui fb tiktok, ig ( Medsos),ucapnya

Lanjut masih dikatakan Hj. Sri Rahayu Agustian SH, Pemerintah masih terus berusaha untuk meningkatkan pemulihan perekonomian salah satunya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

 

Harapan saya di Desa Talagajaya umumnya Kabupaten Karawang Utara ini yang mana sudah memiliki situs candi jiwa sudah barang tentu suatu saat akan terus berkembang, dan bagaimana cara nya masyarakat Desa Talagajaya dalam mengembangkan usaha UMKM nya, sehingga masyarakat nantinya tidak hanya sebagai penonton saja minimal mereka bisa menikmati hasil dengan usaha UMKM itu sendiri.

 

Artinya saya ingin membuka main set warga masyarakat kabupaten Karawang khusus nya warga desa Talagajaya ini sebagai pelaku usaha UMKM yang handal serta mandiri, sehingga nantinya mereka bisa menikmati usaha sendiri tanpa harus mengandalkan kepada orang lain lagi, bahkan jika nanti sudah berkembang akan bisa mempekerjakan orang di sekitar.”paparnya.

 

Sengaja Kami gandeng dinas terkait dalam reses untuk menyampaikan programnya agar lebih tepat sasaran dan langsung ditindak lanjuti ketika ada susulan bantuan berupa pelatihan dan peralatan.

 

Sekretaris Dinas Koperasi UMKM kabupaten Karawang H. Amid Mulyana. menerangkan kegiatan Reses I Tahun Sidang 2022-2023 Hj. Sri Rahayu Agustina ini sesuai dengan perencanaan dan pembangunan daerah Karawang.

 

Kegiatan ini sesuai, perencanaan dan pembangunan daerah dititikberatkan kepada perekonomian dan ekonomi kreatif. Kami ingin diskusi melalui program ini dapat memberikan manfaat serta memberikan fasilitas kepada pelaku UMKM,” terang Amid.

 

Amid, juga menambahkan pada saat pengembangan Karawang nantinya, ada space untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan. “Hari ini kami diskusikan dengan masyarakat, apakah ada produk UMKM atau tidak, apa ada hambatan terkait izin, pemasaran, dan kemasan. Hari ini, saya mencari potensi UMKM di Desa Talagajaya. Semuanya kita bantu, kita fasilitasi untuk kemajuan ekonomi rakyat.”

 

Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan (Disperindag) Karawang melalui Bidang Industri Dr. H. Adang M.Pd. menyampaikan para pelaku usaha UMKM harus bisa kreatif dan inovatif dalam menghadapi perkembangan zaman.

 

Disperindag akan membantu masyarakat yang bergelut di sektor usaha kecil dan menengah.

 

“Disperindag akan membantu pemasaran UMKM, dan akan ada bantuan untuk usaha kecil menengah dengan mengajukan proposal. Namun harus mempunyai kelompok yang dibentuk masyarakat,” kata H.Adang M.Pd.

( Lx )