Harga Pakan Ikan Naik, Ketua Komisi II DPRD Jabar Segera Sidak ke Lapangan

Bandung, beritatandas.id – Naiknya harga pakan ikan dalam beberapa waktu terakhir dikeluhkan oleh sejumlah pelaku pembudidaya ikan di sejumlah daerah di Jawa Barat.

Di Desa Cisalak, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang misalnya petani mengeluhkan terkait adanya kenaikan harga pakan ikan dari distributor yang mencapai Rp.8 ribu per karung dalam sepekan terakhir, sehingga harga perkarung mencapai Rp 323 ribu.

Kenaikan harga pakan ini dinilai tidak sebanding dengan harga jual ikan yang masih tetap diangka Rp.24 ribu per-kilogram.

Terkait dengan ini, Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat Rahmat Hidayat Djati menyampaikan pihaknya akan segera menindaklanjuti keluhan pembudidaya ikan soal kenaikan harga pakan ini.

Rahmat juga menegaskan dirinya akan segera melakukan sidak ke pabrik dan distributor pakan ikan khususnya yanh ada di Jawa Barat.

“Jangan sampai ini terus berulang, dan jangan sampai perusahan seenaknya menaikan harga pakan tanpa melihat dan mempertimbangkan kondisi petani di bawah,” ujar Rahmat Hidayat Djati pada Rabu, 2 Maret 2022.

Politisi PKB ini juga menyampaikan akan mendorong dengan pihak-pihak terkait agar persoalan ini mendapat perhatian dari pemangku kepentingan lainnya.

“Termasuk kita akan mendorong agar pemerintah bisa memberikan subsidi terkait pakan ini agar kesejahteraan petani ikan di Jawa Barat meningkat,” ujarnya

“Karena ini juga berkaitan dengan upaya meningkatkan kosumsi ikan di masyarakat, jadi kalau harga pakan ikan nya terjangkau otomatis harga jual ikan juga akan terjangkau oleh masyarakat umum,” pungkas Rahmat.***

Redaksi