Hasil Budidaya Bibit Perikanan Menurun, Begini Penjelasan Anggota Komisi II DPRD Jabar

beritatandas.id, Bandung – Komisi II DPRD Jabar, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Cabang Dinas Perikanan dan Kelautan Wilayah Selatan di Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam kesempatan tersebut, Yuningsih menyoroti turunnya hasil budidaya bibit perikanan.

Dia menjelasakan penurunan jumlah hasil pembibitan tersebut terjadi karena menurunnya pasokan pakan ikan di tengah pandemi Covid-19.

“Secara umum balai ini mengalami pengurangan anggaran, dan hal itu mempengaruhi restocking bibit yang semula 6 juta bibit namun saat ini hanya tersedia 3 juta bibit karena pakan untuk bibit dikurangi,” kata Yuningsih kepada wartawan, Sabtu, 20 November 2021.

“Memang kalau kita lihat, sangat berpengaruh adanya pengurangan jumlah pakan mempengaruhi hasil dari bibit,” sambungnya.

Yuningsih menilai, upaya pengembangan bibit ikan di balai tersebut sudah cukup bagus. Hal itu dibuktikan dari beberapa jenis ikan yang dikembangkan di antaranya ikan gurame dan sedang mengembangkan jenis ikan baung.

“Jadi di balai ini konsentrasinya adalah pembibitan utamanya ikan gurame, dan sedang mengembangkan jenis ikan hybrid antara gurame putih dan hitam yang menghasilkan bibit ikan yang daya tahannya lebih kuat,” ucapnya. ***

Redaksi