Kapolsek Cibuaya hingga Kasat Narkoba dan Kasat Polairud Polres Karawang Resmi Diganti

Karawang, beritatandas.id – Dalam rangka melakukan penyegaran roda organisasi di tubuh institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri), jajaran Polres Karawang melaksanakan kegiatan upacata serah terima jabatan terhadap tiga Pejabat Utamanya (Pju) yang ada di lingkungan Polres Karawang.

Demikian pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Kapolres Karawang, AKBP Edwar Zulkarnain dalam sambutan pidatonya saat memimpin upacara serah terima jabatan kepada ke tiga pejabatnya yang digelar di Lapangan Apel Mako Polres Karawang pada Sabtu (24/8) pagi.

Dalam sambutan pidatonya, Kapolres Karawang, AKBP Edwar Zulkarnain menyampaikan, bahwa pada rangkaian kegiatan upacara serah terima jabatan kali ini ada tiga pejabat di lingkungan Polres Karawang yang berpindah tugas dan diantaranya itu yakni Kasat Resnarkoba, Kasat Polairud, dan Kapolsek Cibuaya, Polres Karawang.

“Jadi yang pertama itu ada Kasat Resnarkoba Polres Karawang dari AKP Arief Zaenal Abidin, selanjutnya akan dijabat oleh AKP Maulana Yusuf Bachtiar (mantan Kasat Reskrim Polres Sumedang). Kemudian untuk jabatan Kasat Polairud Polres Karawang yang sebelumnya dijabat oleh AKP Adis Iskandar, maka selanjutnya akan dijabat oleh AKP Jajang Sukandar. Sedangkan untuk jabatan Kapolsek Cibuaya yang dijabat oleh IPTU Didin Mardiana, selanjutnya akan dijabat oleh IPDA Amud Setiabudi (mantan Kanit Reskrim Polsek Kotabaru,” ungkapnya.

Sebagai bentuk dinamika pada suatu organisasi, Edwar menyebut bahwa upacara serah terima jabatan ini merupakan rangkaian dari adanya TR mutasi perpindahan jabatan yang terjadi dalam institusinya di Kepolisian Republik Indonesia (Polri). “Dapat kita ketahui bersama, mutasi ini tentunya hal yang biasa terjadi di tubuh Polri. Sehingga harus dapat kita maknai bersama, bahwa mutasi yang dilakukan oleh pimpinan kita itu sebagai salah satu bentuk kasih sayang dan penghargaan yang diberikan untuk pembinaan karir kita semua,” ungkap dia.

Sebagaimana yang tertuang di dalam Surat Telegram Kepala Kepolisian Daerah (Kapol) Jawa Barat Nomor: ST/1094/VII/Kep/2024 tanggal 26 Juli 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan personel Polri di lingkungan Polda Jabar, nantinya mantan Kasat Resnarkoba Polres Karawang, AKP Arief Zaenal Abidin ini mendapat promosi jabatan sebagai Kanit III Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Jabar.

“Kemudian untuk AKP Adis Iskandar (mantan Kasat Polairud Polres Karawang), selanjutnya akan menempati jabatan barunya sebagai Kaurbinops Bag Ops Polres Karawang. Sedangkan untuk mantan Kapolsek Cibuaya, IPTU Didin Mardiana sendiri akan menempati jabatan barunya sebagai PS Kanit Samapta Polsek Telukjambe Timur,

Dengan demikian, Edwar mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala tugas dan tanggungjawab yang telah diberikan oleh ke tiga pejabatnya selama menjabat di jabatan sebelumnya di Polres Karawang.

“Terima kasih sudah bersama-sama menemani saya walaupun dalam waktu yang singkat, tapi sukur Alhamdulillah saya merasakan tidak ada hal negatif di antara kita karena semuanya memiliki kesan yang sangat positif bagi saya dan tentunya bagi Polres Karawang, Polda Jawa Barat. Semoga di tempat dan jabatannya yang baru, saudara-saudara bisa lebih berkarya lagi dengan besar daripada yang telah saudara-saudara berikan selama di Polres Karawang ini sebelumnya,” ucapnya.

Kemudian kepada ke tiga pejabat baru, terutamanya untuk Kasat Narkoba dan Kasat Polairud yang menjadi pendatang baru untuk di lingkungan Polres Karawang, Edwar pun turut menyambutnya dengan ucapan selamat datang dan selamat bergabung di Polres Karawang. Mereka juga diharapkan dapat segera menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan adat istiadat yang selama ini sudah berlaku di Mako Polres Karawang.

“Mungkin memang ada sedikit perbedaan secara struktural, namun tidak ada perbedaan yang signifikan antara Polres Karawang sebelumnya dengan Polres Karawang sekarang ini, tapi mungkin saja ada etika pergaulan yang sedikit berbeda dari lingkungan sebelumnya,” jelas Edwar memaparkan.

Disamping hal itu, Edwar juga mengingatkan tentang akan adanya suatu tantangan besar yang bakal dihadapi oleh semua personel jajarannya di Polres Karawang. Salah satunya itu, lanjutnya, yakni termasuk di dalam menghadapi pelaksanaan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang agar kondusifitas pesta demokrasi masyarakat Kabupaten Karawang bisa berjalan dengan aman, nyaman, dan damai.

“Yakinlah agar kita semua bisa benar-benar bertugas dengan baik, bahkan kita juga harus bisa yakin untuk selalu berbuat baik kepada semua orang. Maka pesan saya buat semuanya, tolong hindari hal-hal yang sudah jelas dilarang dalam aturan institusi Polri dan perundang-undangan kita ini. Jauhi narkoba, jauhi judi online, dan jauhi juga segala hal lainnya yang merupakan bentuk dari pelanggaran disiplin hingga pelanggaran kode etik pada lingkungan Polri sekalipun,” tegasnya. (Lex)