Kepala Kesbangpol Jabar Sebut Nilai-nilai Persatuan dalam Pancasila Ampuh Mengtasi Pandemi

beritatandas.id, Bandung  – Kepala Kesbangpol Jawa Barat Iip Hidayat sebut Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memiliki nilai-nilai yang menguatkan bangsa, persatuan, solidaritas, dan gotong royong.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tersebut menurut Iip terbukti ampuh dalam menghadapi berbagai persoalan, termasuk pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Iip dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan di Alam Wisata, Kota Cimahi pada Senin, 13 Desember 2021.

“Nilai-nilai Pancasila yang menguatkan bangsa Indonesia telah terbuki dan teruji dalam menghadapi persoalan yang ada, termasuk diantaranya pandemi Covid-19 yang menerjang hampir seluruh belahan dunia,” kata Iip Hidayat.

Salah satu implementasi nyata yang kita temui adalah tingginya solidaritas antar masyarakat di di sejumlah daerah yang mendukung tetangganya yang sedang dalam menjalani isolasi mandiri.

“Berbagi dukungan, baik moril maupun material antar sesama masyarakat banyak kita saksikan dibanyak tempat, ini membuktikan bahwa nilai persatuan, solidaritas, dan gotong royong sangat dibutuhkan dalam saat-saat yang paling krusial,” ujarnya.

“Kita harus bahagia punya pancasila yang bisa menyatukan bangsa. serta sila sila Pancasila telah membawa aspek kehidupan manusia yang lebih baik,” sambungnya.

Sosilisasi empat pilar yang diikuti sejumlah 205 orang peserta dari Kota Cimahi dan Kota Bandung tersebut, dihadiri juga oleh Wakil Ketua DPRD Jawa Barat H Oleh Soleh, Sekbanpol Jabar, Kaban Kesbangpol Kota Cimahi Mardi Santoso.

H Oleh Soleh selaku pimpinan DPRD Jawa Barat, dalam sambutannya memberikan pesan kepada peserta bahwa sosialisasi empat pilar merupakan pondasi awal bagi anak anak muda dalam meneguhkan keyakin untuk hidup yang lebih toleran.

“Dan saya berharap anak-anak muda imi mampu menjadi duta Pancasila dilingkungannya berada, dengan begitu segala ancama radikalisme dan intoleran dapat kita antisipasi,” kata H Oleh.

Kegiatan sosialisasi empat pilar di isi oleh narasumber diantaranya dari Kobinda Jawa Barat Iwa Kartiwa beserta narsumber lainnya.

Ada tiga sesi materi dalam tiga kelas yang disampaikan kepada peserta daiantaranya yaitu materi yang memuat konsep bela negara di era kekinian, empat pilar kebangsaan dan nilai nilai demokrasi.

 

Redaksi