Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar Hadiri Diskusi Peringatan 25 Tahun Reformasi

Bandung, beritatandas.id – DPW PKB Jawa Barat memperingati 25 tahun reformasi melalui diskusi bertajuk ‘Relevensi Demokrasi dan Pembangunan’.

Turut hadir dalam peringatan 25 tahun reformasi ini Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda, Ketua Fraksi PKB Jabar Asep Suherman dan jajaran anggota FPKB DPRD Jabar.

Asep Suherman mengatakan partai PKB merupakan partai yang dilahirkan dari peristiwa sejarah reformasi Indonesia tahun 1998.

“Partai PKB mengemban tugas mewujudkan cita-cita reformasi Indonesia 25 tahun silam. Dan saya rasa partai yang komit dengan perjuangan reformasi saat ini adalah PKB,” kata Asep Suherman kepada wartawan Minggu, 21 Mei 2023.

Asep menerangkan kendati sejumlah agenda reformasi telah terwujud masih banyak agenda-agenda reformasi yang saat ini masih jauh dari cita-cita dan harapan.

“Reformasi adalah transisi dari rezim otoriter orde baru ke sistem demokrasi, namun demikian 25 tahun reformasi ini masih banyak PR yang harus diselesaikan salah satunya adalah penguatan civil society sebagai proses penguatan demokrasi,” ujar Asep.

Dialam demokrasi ini kata Asep malah kekuatam civil society melemah, padahal sebaliknya di zaman orde baru kekuatan civil society malah tumbuh subur.

“Ini penting karena untuk memastikan sistem demokrasi yang kita harapkan dibutuhkan kekuatan civil society sebagai watchdog atau penjaga demokrasi sesuai rel,” pungkas Asep.***

Redaksi