Ketua GP Ansor Usul NU Karawang Lebih Fokus pada Kerja Keumatan

Karawang, beritatandas.id – Ketua PC GP Ansor Karawang Ade Permana berharap NU Karawang lebih fokus pada kinerja organisasi untuk kemaslahatan umat. Pasalnya hal itu dinilai lebih penting dibandingkan isue lainnya.

Pimen, sapaan akrab Ade Permana menyampaikan, NU Karawang harusnya segera menyiapkan kerangka kerja, utamanya untuk bisa membantu meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

Dia mengusulkan, selain menangkal faham radikalisme yang selama ini menjadi konsen NU. Sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi menjadi hal yang sangat penting.

“Di Kotabaru baru dibangun sekolah NU. Harusnya sekolah NU ada di tiap kecamatan dengan dikelola oleh MWC,” ujar Pimen, Selasa (5/4/2022).

Dengan hadirnya sekolah NU tiap kecamatan, maka esensi NU membangun SDM unggul bakal semakin jelas, di samping makin ditingkatkannya kualitas pondok-pondok pesantren.

Selain itu, tambah Pimen, berkaitan dengan kesehatan, bisa disandingkan Klinik-klinik di tiap kecamatan, ini juga dikelola oleh MWC NU yang ada di tiap kecamatan.

“Tentu kalau mau berjalan dan berkembang dengan baik harus melibatkan tenaga-tenaga profesional,” ujarnya.

Untuk merealisasikannya, NU bisa menggandeng para pengusaha yang memang memiliki gagasan yang sama yaitu soal membangun SDM unggul, kemudian MoU dengan IDI, IBI dan yang lainnya untuk menyiapkan SDMnya.

Kalau sarana pendidikan dan kesehatan sudah tuntas, maka tinggal menyelesaikan poin ketiga, yaitu soal ekonomi, soal kesejahteraan umat.

Langkah berikutnya adalah membuat Balai Latihan Kerja di setiap regional, untuk melatih masyarakat menjadi tenaga profesional dan siap bersaing di dunia kerja.

Di samping itu, NU juga harus membangun komunikasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang dan melakukan MoU soal pembinaan karakter terhadap karyawan dengan mendistribusikan Ustad-ustad menjadi pembina karakter dan mental karyawan.

“Kerja-kerja begitu saya kira lebih esensial bagi NU untuk membangun bangsa. Kalau dalam istilah Ketua Umum PB NU untuk merawat jagad,” ujarnya.

Meski dia meyakini tidak mudah, tapi kerangka itu harus masuk di semua Jamiyah Nahdiyin Karawang agar NU semakin memberikan manfaat untuk umat bangsa dan negara.

“Memang tidak mudah, tapi saya pikir usulan ini penting untuk mulai direalisasikan, tentu secara bertahap. Kami harap NU Karawang lebih fokus kerja keumatan,” pungkasnya.***

Reporter : Alex