Ketua Komisi II DPRD Jabar Usulkan Calender of Events DIY Untuk Tingkatkan Wisatawan

Beritatandas.id – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati beserta anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan Kunjungan kerja Studi Komparasi ke Pemda DIY, Kamis (20/6/2024).

Dalam kunjungan kalinini Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat patut mengapresiasi rangkaian penyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan upaya peningkatan wisatawan ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Rahmat, dalam setahun, pemerintah daerah Provinsi DIY menyelenggarakan banyak kegiatan yang dinilai dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

“Calender of Events DIY 2024 dapat menjadi acuan penting dalam mengagendakan kegiatan kepariwisataan di Jawa Barat,” ungkapnya.

Tentu bukan diartikan meniru kegiatannya tetapi tema besar yang mengedepankan keutamaan yang menjadi khas pariwisata Jawa Barat.

“Di Yogyakarta kan temanya Journey To Wonderful Jogja, di Jawa Barat bisa bertemakan kearifan budaya lokal yang berpotensi mengangkat kepariwisataan Jawa Barat,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Rahmat, ada beberapa even-even unggulan inspiratif yang bersifat makro. Artinya, dalam satu even yang digelar ada even lain yang memang mendukung dalam even utamanya.

Misalnya, penyelenggaraan lari jarak jauh atau maraton yang dilaksanakan di Pangandaran, partisipannya dipastikan akan menarik banyak wisatawan.

“Sehingga, even wisatanya dapet, even kompetisinya juga dapet dengan adanya maraton di Pangandaran,” sebut Rahmat.***