Kurang Dari 1×24 Jam, Polresta Bandung Berhasil Ringkus Lima Anggota Genk Motor Yang Viral di Rancaekek

Bandung – Polsek Rancaekek bersama Unit Resmob Sat Reskrim Polresta Bandung berhasil meringkus lima anggota genk motor yang berulah di Perum Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kapolsek Rancaekek Kompol Deny Sunjaya mengatakan kelima tersangka tersebut diringkus karena melakukan pengancaman terhadap korban ARU (18) menggunakan senjata jenis airsoftgun.

“Menindaklanjuti video viral yang ada dimedia sosial, dimana dalam video tersebut terlihat seseorang yang dikejar oleh sekelompok yang diduga genk motor, maka kami dari Polsek Rancaekek dan Unit Resmob Satreskrim Polresta Bandung melakukan penyelidikan,” kata Deny di Mapolsek Rancaekek, Senin, 18 September 2023 malam.

“Hasil daripada penyelidikan, para tersangka menjelaskan bahwasanya pada Sabtu, 16 September 2023 sekira pukul 23.28 WIB, ketika korban akan kewarung diperumahan kencana, ketika itu korban dihampiri oleh para pelaku yang menggunakan tiga unit sepeda motor,” sambungnya.

Ia menambahkan para pelaku ini mengintimidasi dengan cara memaksa agar korban menyerahkan handphone, dan salah satu pelaku yakni DRS mengacungkan senjata jenis air softgun.

“Dari hasil pengungkapan ini, para pelaku menerangkan bahwasanya mereka ini sedang mencari dari genk motor lain, dimana dengan kelompok genk motor ini mereka ada masalah,” ujarnya.

“Para pelaku ini mengakui sebagai Ikatan Keluarga Besar (IKB) XTC dan mencari korban dari genk motor lain yaitu Pelajar Mahasiswa GBR Indonesia (PMGI). Namun ternyata mereka salah sasaran, karena yang menjadi korban ini adalah salah satu mahasiswa yang juga aktif sebagai karang taruna,” jelasnya.

Lebih lanjut, Deny menjelaskan tersangka DRS mendapatkan senjata jenis airsoftgun membeli dengan cara COD dengan harga Rp 2,3 juta.

“Kami dari pihak kepolisian khususnya Polsek Rancaekek menghimbau kepada masyarakat khususnya kepada para remaja agar menghindari atau tidak mengikuti masuk dalam satu kelompok yang terindikasi genk motor, karena apabila terjadi mereka melakukan tindak pidana, maka kami akan tindak tegas,” tegasnya.

Atas perbuatanya DRS, R, MR, DA dan SP dijerat Pasal 335 Ayat (1) Ke 1e KUHPidana dengan ancaman paling lama 1 tahun penjara.***