Legislator PKB Berharap Dana Desa Bisa Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

Indramayu, beritatandas.id – Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKB Sidkon Djampi berharap dana yang diberikan ke desa bisa mengembalikan pemulihan ekonomi desa usai pandemi Covid-19 yang melanda.

“Saya berharap dana desa yang dikucurkan ke desa-desa bisa mengembalikan ekonomi desa serta akses pertanian, pendidikan, dan lainnya sebagainya bisa teratasi lewat pembangunan infrastruktur ditingkat Desa,” kata Sidkon Djampi Rabu, 13 April 2022.

Diberitakan sebelumnya, Sidkon Djampi menyebut akibat adanya pandemi Covid-19 yang menimpa selama dua tahun terakhir alokasi dana desa diprioritaskan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke masyarakat.

Karena itu banyak aspirasi yang muncul dari masyarakat yang mana mengeluhkan soal infrastruktur desa yang sudah rusak seperti jalan desa dan lainnya.

Aspirasi ini muncul usai pihaknya melakukan Reses III Masa Sidang 2021-2022 di beberapa titik di Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon.

Persoalan infrastuktur desa ini menurut Sidkon ada kaitanya dengan Peraturan Menteri Desa Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa yang saat ini dijalankan.

“Uang yang masuk ke desa-desa itu kan satu miliar lebih dari itu masih terpakai 40% nya itu untuk BLT atau bantuan langsung tunai kepada masyarakat karena Pandemi Covid-19 yang melanda beberapa waktu lalu,” paparnya.

Oleh karenanya ia menitik tekankan kepada Kementerian Desa khususnya agar prioritas penggunaan dana desa itu kembali lagi kepada infrastruktur Desa.

“Artinya permen yang membolehkan BLT itu segera direvisi kembali dan dikembalikan kepada fungsi semulanya prioritas untuk pembenahan infrastruktur Desa,” pungkasnya.***

Redaksi