Mahasiswa KKN Unsika Sukses Melaksanakan Program “Lingkungan Asri Biopori” Di Desa Pasir Mukti

Karawang, beritatandas.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia terus menunjukkan peran aktif mereka dalam menjaga kelestarian lingkungan, Kali ini Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) berhasil melaksanakan program kerja lingkungan asri biopori di Desa pasir Mukti kegiatan ini yang berlangsung pada hari Jumat 28 Juni 2024 bertempat di lahan kelompok wanita tani KWT Mukti Rahayu Desa pasir Mukti dan dihadiri oleh 20 peserta termasuk jajaran pemerintah Desa pasir Mukti.

Mahasiswa KKN UNSIKA Saat Membuat Lubang Biopori.

Dalam program ini, mahasiswa KKN bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk membuat lubang biopori di Desa. Pasirmukti. Lubang biopori merupakan lubang tanah vertikal yang berfungsi untuk menjaga keasrian lingkungan dengan cara membuat lubang biopori yang berfungsi sebagai pupuk cadangan dan sumur resapan, lubang biopori ini dapat meningkatkan unsur hara di tanah, terhindar dari genangan air, menyerap air hujan dan mengurangi resiko banjir serta untuk menyuburkan tanah.

Tri Noval selaku ketua pelaksana menjelaskan pentingnya program ini, “Kami sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, maka betapa pentingnya biopori ini dalam menjaga keseimbangan lingkungan biopori ini selain menjadi pupuk cadangan juga dapat menjadi sumur resapan kecil yang berfungsi untuk meningkatkan unsur hara di tanah dan menyerap air hujan sehingga dapat menyuburkan tanah”. ujarnya

Selain pembuatan lubang biopori, mahasiswa KKN juga aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, cara pengelolaan limbah domestik yang baik, dan manfaat dari pembuatan lubang biopori bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Masyarakat Desa pasir Mukti sangat mengapresiasi kehadiran mahasiswa KKN dan program pembuatan biopori ini. Bapak Herman, mengungkapkan, “Kami merasa senang dan terbantu dengan adanya program ini. Semoga dengan adanya lubang biopori ini, lingkungan sekitar kami menjadi lebih bersih dan sehat.”

Program pembuatan lubang biopori oleh mahasiswa KKN Unsika di Desa pasir Mukti ini bukan hanya sekadar proyek sementara, namun merupakan langkah nyata dalam memberikan dampak positif jangka panjang bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan kolaborasi antara mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah desa pasirmukti, diharapkan program ini dapat menjadi contoh dan diimplementasikan di desa lainnya untuk menjadi kelestarian lingkungan dan mendukung pertanian yang berkelanjutan.

( Lex )

Exit mobile version