Mari Fitriana : KPU Karawang Fokus Sosialisasi Dan Pendidikan Pemilih Jelang Pilkada 2024

Karawang, beritatandas.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang terus mematangkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Pada Minggu (28/07/2024) KPU Karawang Gelar Diskusi Publik di Alam Ceria, Jalan Suroto Kunto, Karawang Timur, ini menjadi momen penting dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Karawang Mari Fitriana pimpin langsung pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

“Dari data yang kami miliki, persentase pemilih perempuan mencapai 49,96%, hampir setara dengan jumlah pemilih laki-laki. Ini merupakan basis yang kuat untuk kami fokuskan dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih,” ujar Mari Fitriana.

Menyikapi dari hasil Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024 kemaren, sedangkan untuk Pilkada 2024 kami akan sahkan di Minggu kedua Agustus baru kami sampaikan dari hasil coklit.

KPU RI,  menyampaikan bahwa target partisipasi masyarakat pada Pilkada mendatang adalah 84%. Angka ini mengindikasikan PR besar dalam meningkatkan partisipasi dibandingkan Pilkada sebelumnya yang hanya mencapai 70%.

Ia juga menegaskan, ada 14%  yang harus diupayakan agar bertambah partisipasi masyarakat.

“Sosialisasi oleh internal KPU akan terus berlangsung hingga masa tenang, sementara program kemitraan kami akan berakhir pada 22 September 2024, menjelang penetapan pasangan calon,” tambahnya.

Dengan fokus pada partisipasi pemilih dan pendekatan khusus kepada pemilih perempuan, KPU Karawang optimistis dapat meningkatkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam proses demokrasi lokal pada Pilkada 2024. ( Lex )

Exit mobile version