Melalui Problem Solving, Binmas Desa Cibiru Hilir bantu mediasi Permasalahan Warganya

Cileunyi – Sebagai garis terdepan di tengah-tengah masyarakat, Bhabinkamtibmas selalu hadir disaat masyarakat memerlukan kehadirannya baik terutama dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di desa Binaannya.

Menyikapi hal itu, Bhabinkamtibmas Desa Cibiru Hilir Polsek Cileunyi Polresta Bandung Polda Jabar Aiptu Asep Sobar Lesmana menyelesaikan permasalahan melalui Problem Solving warga binaannya yang berlokasi di SDN Tirtayasa Komp. Bumi Harapan Rw. 11 Desa Cibiru Lihir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Minggu (13/8/2023)

Adapun permasalahan tersebut yakni masalah kesalahpahamanan yang melibatkan antara Salah satu Staf Pengajar SDN Tirtayasa dengan salah satu orangtua Murid dimana saat penyelesaian masalah tersebut di hadiri oleh kedua belah pihak yang bertikai, Kepala Sekolah SDN Tirtayasa Sdr. Dwi Mulyanti, S.Pd, Perwakilan Orangtua Murid.

Bhabinkamtibmas Aiptu Asep Sobar Lesmana menghimbau kepada kedua belah pihak agar menyelesaikan permasalahan tersebut dengan musyawarah dan membuat surat pernyataan untuk berdamai dan tidak saling dendam atas kejadian tersebut.

Dalam kegiatan Problem Solving ini, Bhabinkamtibmas Aiptu Asep Sobar Lesmana memberikan nasehat dan himbauan Kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, kemitraan. Dengan adanya kegiatan problem solving ini permasalahan tersebut bisa di mediasi dan di selesaikan secara musyawarah bersama antara kedua belah pihak.

Dari hasil musyawarah tersebut telah di sepakati oleh kedua belah pihak dan di buatkan surat pernyataan bersama yang mana mereka tidak mempermasalahkan lagi kejadian kesalahpahaman tersebut dan sepakat untuk berdamai.

Bhabinkamtibmas Aiptu Asep Sobar Lesmana saat ditemui mengatakan bahwa ” untuk menyelesaikan permasalahan warga tersebut maka dirinya selaku Bhabinkamtibmas berinisiatif melakukan mediasi dengan mempertemukan kedua belah pihak yang bertikai untuk mencari solusi atau jalan keluar sehingga permasalahan tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

” Setelah kami mediasi dengan mempertemukan kedua belah pihak yang bertikai dan berusaha mencari solusi yang terbaik dan bisa diterima oleh kedua pihak dengan diperkuat dengan membuat Surat Pernyataan.” Ucap Aiptu Asep Sobar Lesmana

Sementara itu Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa “Sudah menjadi tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas untuk melakukan giat problem solving dengan memediasi setiap permasalahan yang terjadi di Desa binaannya dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.” ujar Kapolsek