Oleh Soleh Jelaskan Ini Penyebab Terhambatnya Pemekaran Wilayah di Jawa Barat

Bandung, beritatandas.id – Panitia Khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat menyetujui usulan gubernur untuk pemekaran tiga wilayah di Jawa Barat.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Oleh Soleh menjelaskan, sesuai target RPJMD Jawa Barat, target CDOB ( Calon Daerah Otonom Baru) akan diusulkan untuk Jabar adalah sebanyak 18 daerah. Daerah yang sudah diusulkan sebanyak 9 daerah, termasuk tiga daerah yang baru ini, Tasikmalaya Selatan, Garut Utara dan Cianjur Selatan.

Ketika ditanya berapa lama proses persetujuan usulan soal CDOB dari provinsi ke pusat, Oleh mengatakan hal itu tergantung dari pemerintah pusat. Sebab, saat ini, pemerintah pusat masih melakukan moratorium pemekaran daerah otonom baru.

“Tapi masih tetap moratorium. Moratorium itu kan pemberhentian sementara untuk acc atau tidaknya aspirasi dari daerah. Ini juga sebenarnya kalau terus-terusan moratorium akan merugikan daerah lain,” kata Oleh.

Ia mengatakan, jika moratorium pemekaran otonom daerah baru masih terus diberlakukan, akan tidak adil bagi daerah dan menghambat pemerataan pembangunan.

“Nggak adil dalam memberikan beban kepada daerah, nggak adil juga bagi pemerataan kue pembangunan, sehingga akses untuk mendapatkan pelayanan masyarakat akhirnya timpang antara satu wilayah dengan wilayah lain. Oleh sebab itu, kami selaku wakil rakyat daerah meminta wakil pusat untuk sesegera mungkin mencabut moratorium pemekaran daerah otonom baru,” ujarnya.***

Redaksi