Ops. Zebra Lodaya 2023, Jajaran Unit Lantas Polsek Cileunyi Ajak Pengemudi Ojeg Pangkalan taat dan tertib berlalu-lintas

Cileunyi – Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat yang taat dan disiplin dalam berlalu-lintas di jalan raya, Jajaran Unit Lantas Polsek Cileunyi Polresta Bandung melaksanakan Operasi Zebra Lodaya 2023.

Kegiatan tersebut menyasar kepada para Komunitas Ojeg Pangkalan yang ada di Wilayah Cileunyi salah satunya saja Pengemudi Ojeg Pangkalan di Jalan Panyawungan Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sabtu (9/9/2023)

Pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2023 tersebut dilaksanakan secara serentak selama 14 hari. Yakni mulai dari tanggal 4 – 13 September 2023. Dimana ada prioritas pelanggaran yang dapat dilakukan penindakan, baik secara penegakan hukum maupun secara teguran.

Kanit Lantas Polsek Cileunyi AKP. M. Abdullah mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka untuk mengedukasi pengguna jalan agar tertib berlalu lintas di jalan raya. Salah satunya dengan mematuhi peraturan lalu lintas guna terciptanya Kamseltibcar Lantas di wilayah hukum Polsek Cileunyi Polresta Bandung.

“Ketika disiplin dalam berkendara di jalan raya tentunya dapat menekan angka fatalitas kecelakaan di jalan raya dan guna terciptanya Kamseltibcar Lantas di wilayah hukum Polsek Cileunyi Polresta Bandung” katanya.

“Kami tekankan kepada para warga masyarakat ataupun pengguna jalan lainnya agar bisa menerapkan budaya tertib berlalu lintas dan menularkannya. Seperti selalu menggunakan helm, dan tidak membonceng lebih dari satu serta tidak menggunakan hp saat berkendara,” tambahnya

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. Mengatakan Adapun prioritas pelanggaran itu diantaranya pengendara atau pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara dibawah umur, pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm standar (SNI) dan kendaraan bermotor roda empat yang tidak menggumakan safety belt, pengendara dalam pengaruh alkohol, pengendara atau pengemudi melawan arus dan pengendara atau pengemudi melebihi batas kecepatan.

“Sasaran operasi Zebra Lodaya 2023 dimaksud supaya pengguna jalan bisa tertib berlalu lintas, melengkapi kendaraan dan surat-surat kelengkapan lainnya. Termasuk mengurangi angka kasus kecelakaan di jalan raya dan juga sosialisasi untuk taat pajak kendaraan bermotor,” jelas Suharto