Pak Bhabin bersama Warga Desa Tegalmanggung dalam Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Sumedang – Pada Kamis, 20 Juli 2023, Bhabinkamtibmas Polsek Cimanggung Polres Sumedang memberikan pelayanan kepada masyarakat Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, semakin terjalin erat melalui kegiatan silaturahmi ke Tokoh Pemuda di Dusun Hegarmanah. Kegiatan ini melibatkan Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Desa Tegalmanggung dari Polsek Cimanggung, Bripka Asep Sopandi, serta Babinsa (Bintara Pembina Desa) Sertu Engkus Kusmana dan Pemerintah Desa setempat.

Dalam kesempatan ini, Kapolsek Cimanggung turut hadir untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) kepada warga masyarakat. Beberapa pesan yang disampaikan antara lain:

Selalu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing dengan cara aktif dalam melaksanakan giat ronda malam. Dengan kehadiran warga yang berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan, potensi terjadinya tindak kriminal dapat ditekan.

Antisipasi musim kemarau dengan tidak membakar rumput ilalang secara bebas. Tindakan ini penting guna mencegah kebakaran lahan yang dapat mengakibatkan dampak serius pada lingkungan dan kehidupan masyarakat.

Para Tokoh Pemuda diharapkan turut andil menjadi pelopor dalam menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing. Mereka memiliki peran strategis dalam mengajak generasi muda untuk tidak terlibat dalam perilaku yang dapat merusak ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Jika terjadi kejadian atau hal-hal penting, segera melaporkannya kepada kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa. Laporan cepat dan akurat akan membantu pihak berwenang untuk merespon situasi dengan tepat dan tepat waktu.

Kegiatan silaturahmi dan penyampaian pesan Kamtibmas ini berlangsung dengan aman dan lancar. Sinergitas yang terjalin antara TNI-POLRI dengan warga masyarakat sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan terhindar dari potensi tindak kejahatan. Selain itu, kehadiran Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam kegiatan ini juga menunjukkan komitmen pihak keamanan untuk selalu berada di tengah-tengah masyarakat, mendengarkan aspirasi, serta memberikan bimbingan dan pengayoman.

Melalui langkah-langkah konkret seperti kegiatan silaturahmi ini, diharapkan tingkat partisipasi dan kepedulian warga masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban semakin meningkat. Sinergitas antara TNI-POLRI dan masyarakat Desa Tegalmanggung menjadi modal utama dalam mencapai tujuan bersama untuk menciptakan lingkungan yang aman, harmonis, dan sejahtera bagi seluruh warganya. Semoga kerjasama ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lainnya dalam memperkuat sinergi antara TNI-POLRI dan masyarakat guna mewujudkan Indonesia yang aman dan damai.