Pasca Hujan Deras, Ribuan Tikus Serbu Pemukiman Warga Di Karawang

Karawang, beritatandas.id –Fenomena mengejutkan terjadi di Dusun Cibatu, Desa Kutamakmur, Kecamatan Tirtajaya, Karawang, di mana ribuan tikus berkeliaran di permukiman warga. Kejadian ini menarik perhatian warga yang merekam dan mengunggah video ratusan tikus tersebut, yang dengan cepat menjadi viral di media sosial.

Fenomena ini terjadi pada Jumat malam (25/10/2024). ribuan tikus tersebut tidak hanya terlihat di jalanan, tetapi juga memasuki rumah-rumah warga. “Jumlahnya sangat banyak, dan kami tidak mengetahui penyebab pasti kemunculannya,”

Warga berusaha mengusir tikus-tikus itu ke area persawahan. “Kami hanya bisa mengarahkan mereka ke belakang (sawah). Fenomena ini sudah dilaporkan ke dinas pertanian. Kini, tikus-tikus tersebut sudah tidak terlihat lagi,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Karawang, Rochman, mengatakan bahwa petugas telah dikerahkan untuk menangani masalah ini. Ia juga menyatakan keheranannya, karena area pesawahan di sekitar tidak menunjukkan kerusakan akibat hama tikus. Rochman menduga fenomena ini dipicu oleh cuaca, di mana hujan yang turun selama dua hari terakhir menyebabkan lubang-lubang tikus terendam, sehingga tikus-tikus tersebut mencari daratan.

“Kemungkinan air yang masuk ke lubang tikus memicu mereka keluar. Kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTH) Jabar serta Kementerian Pertanian untuk menyelidiki lebih lanjut,” tambah Rochman. Ia juga mengimbau petani untuk melakukan gotong royong dalam menutup lubang-lubang tikus, guna mencegah situasi serupa di masa depan. (Red)

 

Exit mobile version