Peduli Kesehatan Bhabinkamtibmas Himbau Warga Antisipasi Pergantian Musim dan Waspada terhadap penyakit Typus dan DBD

Polsek Jatinangor Polres Sumedang Polda Jabar – Memasuki musim pancaroba seperti saat ini, anggota Bhabinkamtibmas Desa Hegarmanah Polsek Jatinangor Aiptu Sharif Hidayat menghimbau agar masyarakat waspada terhadap penyakit Typus dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal tersebut disampaikan saat melakukan silaturahmi ke Warga yang sedang di Rawat di Puskesmas Jatinangor, Jumat, (07/07/2023)

“Pergantian musim seperti saat ini masyarakat mesti waspada. Kami tetap mengimbau agar warga selalu berhati-hati dengan penyakit Typus dan DBD,” ujar Aiptu Sharif.

Meski begitu, biasanya saat peralihan musim, penyakit yang menyebabkan gigitan nyamuk akan muncul.

“Kita minta warga untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan rumah masing-masing. Itu agar jentik nyamuk penyebab DBD tidak bisa berkembang biak,” ujarnya

Agar tak terjangkit DBD, ada baiknya melakukan beberapa pencegahan, seperti membersihkan rumah. Pemilik rumah harus membersihkan beberapa tempat kesukaan nyamuk.

Tempat-tempat itu adalah tumpukkan baju, karena nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Kemudian genangan air, dan tempat-tempat berdebu. Nyamuk-nyamuk akan bertelur di tempat-tempat yang kotor dan lembab.

Selain demam berdarah, kata dia, warga juga harus mengantisipasi penyakit diare dan malaria. “Waspadai saat memasuki musim hujan seperti sekarang ini,” tambahnya.