Peduli Penghijauan, Kapolsek Cileunyi bersama Forkopimcam melaksanakan Aksi Tanam Pohon serentak di Area Gunung Manglayang

Cileunyi – Guna ikut melestarikan alam, Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H.., melaksanakan giat penanaman pohon serentak bersama Forkopimcam Cileunyi dan Cilengkrang, Pemdes Cimekar.

Giat dilaksanakan di lahan Perhutani Tepatnya di kaki bukit Gunung Manglayang yang ada di Kp. Cikoneng I Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Rabu (23/8/2023)

Dalam kegiatan ini, Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. bersama Forkopimcam Camat Cileunyi Drs. Agus Rizal., M.Si, Camat Cilengkrang A.Rifa’i R, beberapa unsur pemerintahan setempat seperti Kepala Desa Cimekar dan jajaran, serta jajaran Karang Taruna di Wilayah Setempat.

Kapolsek mengatakan upaya ini merupakan aksi nyata Polri dalam melestarikan bumi yang digagas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Kami ingin memberikan kontribusi dalam penghijauan agar Wilayah Kecamatan Cileunyi udaranya tambah segar. Mari sama-sama kita menjaga lingkungan,” kata Suharto

Semua pihak yang hadir dalam kegiatan tersebut bekerjasama menanam pohon-pohon yang akan memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan sekitar, khususnya di Wilayah Kecamatan Cileunyi dan memberikan manfaat untuk generasi yang akan datang.

Lanjut Kapolsek, acara ini semata – mata untuk melanjutkan perintah dari Kapolres dan untuk menanam berbagai pohon yang bermanfaat untuk generasi atau anak cucu mendatang bisa menikmati hasil dan menciptakan lingkungan yang benar – benar asri dan hijau.

Hal senada diutarakan Camat Cileunyi Drs. Agus Rizal, M.Si., saat di konfirmasi, menyampaikan, “Kami mendukung penuh program Polri terkait penanaman pohon yang dilaksanakan serentak di seluruh indonesia, khususnya di Wilayah Kecamatan Cileunyi Kqbupaten Bandung, agar terciptanya lingkungan yang asri dan indah yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau sehat dan bebas dari polusi,” jelasnya.

Dalam Keterangannya, Kepala Desa Cibiru Wetan Sdr. Hadian Supriatna, S.P. menyampaikan ucapan terima kasih terhadap instansi Polri yang sudah mengadakan penanaman pohon serentak.

“Ini merupakan salah satu langkah konkrit dalam menjaga keberlanjutan alam dan menyelaraskan upaya perlindungan lingkungan. Pada Kegiatan tersebut mencerminkan kepedulian bersama terhadap lingkungan demi menciptakan kehidupan yang lebih baik, bagi generasi mendatang,” tuturnya

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. mengatakan penanaman pohon dilakukan sebagai wujud kepedulian Polri dalam menjaga keberlangsungan kehidupan, sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI.

“Penanaman pohon dipilih sebagai salah satu bentuk kontribusi karena pohon memiliki peran vital dalam menjaga ekosistem, menghasilkan oksigen, dan mereduksi dampak perubahan iklim,” ujar Kompol Suharto, S.H.

Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. yang juga melaksanakan penanaman pohon, mengatakan kegiatan ini juga dilakukan untuk memperbaiki kualitas udara di Wilayah Kabupaten Bandung Jawa Barat.

“Perlu diketahui, bahwasanya saat ini kondisi udara di Bandung sedang kurang baik, semoga dengan adanya kegiatan penanaman pohon yang kami adakan secara serentak dapat mengurangi polusi udara,” kata Suharto mengakhiri keterangannya