Pemekaran Subang Utara Bakal Makin Lancar

beritatandas.id, SUBANG – Pemekaran Kabupaten Subang nampaknya akan semakin lancer. Pasalnya pembahasan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) terus menguat setelah Saiful Huda terpilih menjadi ketua Forum Komunikasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkonas PP DOB).

Diketahui Syaiful Huda merupakan politisi PKB yang kini duduk di senayan. Bukan hanya itu posisi Huda juga sebagai ketua DPW PKB Jawa Barat bisa mempermudah komunikasi daerah-daerah yang akan dimekarkan di Jawa Barat.

Dorongan warga Subang Utara yang ingn menjadi DOB juga terus menggema. Bahkan sempat disampaikan kepada anggota DPRD Jawa Barat H Nasir.

“Jika memang aspirasi ini untuk kesejahteraan masyarakat Subang, serta prosedurnya sudah dilaksanakan di tingkat kabupaten, maka saya mendukung dan akan memperjuangkan aspirasi pembentukan DOB Kabupaten Pantura ini di tingkat propinsi Jawa Barat,” ujar politisi PKB itu.

Tentunya sebelum diajukan ke tingkat provinsi, tambahnya, pemerintah Kabupaten Subang harus melakukan kajian terlebih dahulu atas kelayakan DOB, baik dari sisi jumlah penduduk, luas wilayah dan kondisi fiskalnya.

“Harus dikaji secara komperehensif terutama kekuatan fiskalnya, jangan sampai DOB membebani masyarakat dan pemerintah dan pada akhirnya justru masyarakat lebih tidak sejahtera,” ujarnya.

Redaksi