Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia, Kodim 0604/Karawang Berkolaborasi Dengan DPPKB Gelar Pelayanan KB

Karawang, beritatandas.id – Dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2023, Kodim 0604/Karawang bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab. Karawang melaksanakan kegiatan pelayan program KB gratis bertempat di RS Rosella Kec. Telukjambe barat Kab Karawang, Rabu (04/10/2023).

Kegiatan pelayan program KB gratis dilaksanakan mulai tanggal 10 September s.d 4 Oktober 2023, selain untuk memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia, kegiatan pelayanan program KB sebagai bentuk upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk agar tidak terus meningkat serta mengatur waktu kehamilan dengan baik.

Para peserta KB sebelum dilakukan pemasangan alat kontrasepsi KB terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan, termasuk pengecekan tensi darah oleh petugas kesehatan.

Dandim 0604/Karawang Letkol Inf Dede Hermawan,S.M., M.I.P melalui Pasi Ter Kodim 0604/Karawang Lettu Inf Kihajar Waskito yang turut hadir dalam kegiatan pelayanan program KB gratis mengatakan bahwa “Program ini merupakan upaya bersama untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat terutama bagi ibu dan anak yang ada di wilayah teritorial Kodim 0604/Karawang”.

“Dalam hal ini, kami berkolaborasi dengan Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab. Karawang untuk memberikan pelayanan KB dan hari ini dipusatkan di RS. Rosella Karawang”.

“Kami berharap, pada Hari Kontrasepsi Sedunia ini, dengan dilaksanakannya layanan program KB dapat menurunkan angka kelahiran, serta meningkatnya pengguna alat kontrasepsi, sehingga tercapai upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan penduduk”.

Sementara Kabid KB DPPKB Kab Karawang H. Nahrawi mengatakan bahwa “Alhamdulillah antusias warga sangat luar biasa, warga turut ambil bagian mengikuti layanan KB gratis ini”.

“Hasil dari layanan KB ini tercatat pengguna IUD sebanyak 629 orang, Implant 402, MOW 14, MOP 6, Suntik 2519, dan Pil sebanyak 2602 orang”

“Kami berharap hasil KB ini bisa terus meningkat sehingga program pemerintah dalam upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk bisa terlaksana dan sukses”. Tutupnya.