Polsek Klari Laksanakan Razia Petasan Selama Bulan Suci Ramadhan

POLRES KARAWANG, beritatandas.id –Momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri kerap kali dirayakan oleh sebagian masyarakat dengan bunyi – bunyian petasan. Namun, banyak pula masyarakat yang merasa terganggu oleh keberadaan petasan karena dapat membahayakan banyak orang.

Merespon keluhan masyarakat terkait maraknya penyalahgunaan petasan maupun kembang api, Polsek Klari Polres Karawang Polda Jabar beserta personilnya gencar melakukan razia petasan atau mercon.

Bahkan, Polsek Klari juga tak henti hentinya memberikan himbauan serta melarang masyarakat menyalakan petasan dan kembang api baik hanya untuk hiburan atau dipakai untuk menyemarakkan momen Ramadhan maupun Idul Fitri nanti.

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Kapolsek Klari Kompol Hidayat saat di temui di ruangannya pada Senin 10 April 2023 mengatakan”dengan diadakanya razia terhadap pedagang petasan atau mercon diharapkan dapat mencegah masyarakat menggunakan barang tersebut saat Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri nanti”.

“Saya sudah instruksikan ke seluruh jajaran Personal Polsek Klari untuk melaksanakan razia petasan selama Ramadhan,” ujar AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Kompol Hidayat

Ia menuturkan, razia itu digencarkan demi memberikan jaminan rasa aman dan nyaman masyarakat Kabupaten Karawang khususnya masyarakat Kecamatan Klari dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Razia kami gencarkan karena banyak warga yang curhat ke kami bahwa masih ada penyalahgunaan petasan dan mercon seperti dipakai untuk perang mercon maupun,”terangnya.

Selain melakukan razia, lanjut Kapolres, petugas juga mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama pemuda remaja untuk tidak bermain petasan.

“Kami tidak main-main untuk petasan atau mercon ini, jangan sampai ini mengganggu kenyamanan warga dalam beribadah di bulan Ramadan,” tegasnya.

Selain melakukan razia, Personil Polsek Klari juga mengimbau kepada pedagang petasan tersebut agar tidak menjual petasan atau mercon yang illegal karena dapat membahayakan penggunanya maupun orang lain di sekitarnya.

Sementara itu, dari hasil kegiatan razia tersebut tidak ditemukannya pedagang di pasar kosambi Yang menjual petasan atau mercon, namun kami tetap berikan himbauan kepada para pedagang.

( Humas Polsek Klari Polres Karawang Polda Jabar )

( Lx )