Pupuk Kujang Latih Ibu-ibu Bertani di Lahan Sempit, Disebut Program Kurfa

Karawang, beritatandas.id – Puluhan ibu rumah tangga di Desa Dawuan Tengah, Cikampek mengikuti pelatihan budidaya tanaman herbal di lahan sempit. Dengan tekun, para IRT tersebut merawat tanaman jahe merah.

Dikutip beritatandas.id dari akun Instagram @pupukkujang, terlihat beberapa foto yang diupload, mulai dari menyiram tanaman sampai melakukan perawatan lainnya.

“Saat ini, Tim Riset Pupuk Kujang sedang berbagi teknik budidaya kepada para IRT tersebut,” tulis humas Pupuk Kujang akun @pupukkujang.

Program tersebut dinamakan Kujang Integrated Urban Farming (Kurfa), program ini berharap bisa meningkatkan SDM warga sekitar terutama ibu-ibu dalam pengembangan tanaman obat.

“Melalui program Kujang Integrated Urban Farming (Kurfa), sekira 25 orang IRT akan didampingi untuk memiliki keterampilan bertani di lahan sempit atau urban farming,” tambahnya.

Konsep tersebut dipilih karena cocok dengan situasi demografis Dawuan Tengah yang padat penduduk dengan lahan terbatas. Alhasil masyarakat diajak bercocok tanam melalui media polybag.

Tidak hanya bertani, para peserta juga dibekali keterampilan lainnya, seperti pelatihan wirausaha untuk mengolah dan memasarkan jahe merah.

“Program Ini adalah bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat yang ingin mengembangkan diri. Tujuannya supaya masyarakat menjadi berdaya dan mandiri secara ekonomi,” pungkasnya.***

Redaksi