Revitalisasi Satkamling, Bhabinkamtibmas Polsek Cireunghas Polres Sukabumi Kota Laksanakan Sosialisasi Satkamling Sebagai Pengamanan Swakarsa Mitra Polri Menjaga Kamtibmas

Kota Sukabumi – Bhabinkamtibmas Desa Cikurutug Polsek Cireunghas Polres Sukabumi Kota Polda Jawa Barat melaksanakan kegiatan Sambang Kamtibmas dan Sosialisasi Satkamling. Sabtu (27/10/2023) Siang.

Mengacu pada perpol. No. 4 tahun 2020 tentang Pamswakarsa, kini pos kamling berubah menjadi satkamling atau satuan keamanan lingkungan.

Satuan Keamanan Lingkungan yang selanjutnya disebut Satkamling adalah Satuan Masyarakat pengemban fungsi Kepolisian yang dibentuk oleh warga masyarakat atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan untuk mengamankan lingkunganya, Bahwa dalam satu RT terdapat perwakilan Pos Satkamling.

Berlokasi di Desa Cikurutug Kec. Cireunghas Kab. Sukabumi kegiatan Revitalisasi Pos Satkamling dilaksanakan. Satkamling dilaksanakan karena dari analisa jumlah Polisi dibanding jumlah masyarakat tidak sebanding maka Polri berinovasi mengajak masyarakat menjadi Polisi pada diri sendiri untuk menciptakan keamanan.

Satkamling akan memberikan manfaat bagi masyrakat dalam mengurangi tindakan kriminal.
“Berdayakan kembalil kegiatan Satkamling ini karena dari jumlah polisi dibanding jumlah masyarakat tidak sebanding maka memanfaatkan Pos Satkamling yang ada menjadi Polisi pada diri sendiri untuk menciptakan keamanan. Pos Satkamling akan memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mengurangi tindakan kriminal,” ujar Bripka Dikri Bhabinkamtibmas Desa Cikurutug.
Ia menambahkan Kepolisian memberikan dukungan penuh kepada satkamling berupa memberikan edukasi kepada petugas satkamling untuk menjaga lingkungannya.

Di tempat terpisah Kapolres Sukabumi kota AKBP Ari Setyawan Wibowo melalui Kapolsek Cireunghas Ipda Hendrayana Syaepudin, S. Ip mengatakan “Kepolisan Sektor Cireunghas Polres Sukabumi Kota mendukung penuh kegiatan Satkamling yang dilaksanakan oleh warga masyarakat, kami juga memberikan pelatihan pembinaan kemampuan, bagaimana menanggapi permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat, semua permasalahan dilingkungan bisa diselesaikan dengan musyawarah. Proses Pidana adalah jurus terakhir, setiap potensi gangguan Kamtibmas dari dini bisa dicegah,” ujarnya.
Ia berharap Satkamling bisa menjaga lingkungan dan wilayah masing-masing serta menjadi polisi bagi diri sendiri dalam memberi pengayoman, perlindungan, keamanan diwilayahnya.
“Mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, melaksanakan kegiatan dan setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan musyawarah untuk mencegah permasalahan dari dini,” pungkas Kapolsek.