Sambangi Warga Binaannya, Binmas Desa Cinunuk Ajak warga Aktifkan Pos kamling Cegah Kriminalitas

Cileunyi – Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat terutama warga binaan Bhabinkamtibmas Desa Cinunuk Polsek Cileunyi Polresta Bandung Polda Jabar Aipda Heri Maryadi melakukan berbagai upaya seperti sambang warga binaan di Kp. Cipondoh Rt. 03/06 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dan menyampaikan himbauan –himbauan kamtibmas. Kamis (10/8/2023)

Adapun upaya yang dilakukan salah satunya Bhabinkamtibmas melakukan sambang warga binaan dengan tujuan mendekatkan diri dengan warga binaanya guna jalin mitra serta memberikan himbauan kamtibmas seperti meminta warga untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap masih adanya pelaku tindak kriminalitas diantaranya pencurian kendaraan bermotor dan pencurian di rumah-rumah kosong yang ditinggal penghuninya untuk melaksanakan aktifitasnya di luar rumah.

Selain dari itu Bhabinkamtibmas berpesan kepada warga untuk segera melaporkan kepada aparat keamanan terdekat bila mengetahui adanya pelaku tindak kejahatan dilingkunganya, serta mengaktifkan kembali pos kamling yang sudah ada, sehingga dengan aktifnya pos kamling diharapkan bisa menekan dan meminimalisir adanya gangguan kamtibmas.

Keamanan lingkungan bisa tercipta dengan baik serta terpeliharanya kamtibmas yang kondusif aman karena terbangunnya interaksi dan komunikasi dengan semua warga masyarakat.

Sambang warga binaan tersebut dilkukan Bhabinkamtibmas sebagai upaya untuk menjaga situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polsek Cileunyi. Dengan upaya-upaya yang dilakukan tersebut diharapkan wilayah desa binaan ini tetap dalam situasi aman dan kondusif.

Sementara Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. mengatakan “Kegiatan sambang ke warga desa binaan yang rutin dilaksanakan ini selain bersilaturahmi dan juga sebagai upaya sebagai anggota Polri (Bhabinkamtibmas) untuk selalu mendekatkan diri dengan warga binaannya sehingga segala informasi bisa di dapat dari masyarakat.

“Selain melaksanakan kegiatan sambang juga memberikan beberapa pesan kamtibmas kepada warga binaannya, sehingga diharapkan masyarakat (warga binaannya) ikut terlibat dalam menjaga keamanan dikampungnya sendiri, dengan demikian akan tercipta situasi yang kondusif di Lingkungan tempat tinggalnya.” Pungkas Kompol Suharto, S.H.