Tingkatkan Profesional dalam Tugas, Binmas Desa Cileunyi Kulon berikan Binluh kepada Linmas Desa

Cileunyi – Demi mewujudkan suatu Desa yang aman dan tentram Bhabinkamtibmas Desa Cileunyi Kulon Polsek Cileunyi Polresta Bandung Aiptu S.I. Mardiana memberikan binluh kamtibmas kepada anggota linmas Desa di Komp. Taman Cileunyi Rw.22 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Selasa (1/8/2023)

Dalam memberikan materinya, Bhabinkamtibmas menghimbau agar Linmas mampu memelihara Pos Kamling yang sudah ada serta dihimbau agar anggota Linmas ikut membantu tugas Kepolisian, mengingat Linmas merupakan kekuatan keamanan swakarsa.

“Sinergi dan kerjasama Polri dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan di Desa , karena masalah keamanan merupakan tanggung jawab bersama.” Imbaunya.

Bhabinkamtibmas mengatakan Binluh Kamtibmas tersebut diharapkan dapat memberikan ruang sempit kepada para pelaku tindak kejahatan sehingga situasi kamtibmas akan terwujud, adanya koordinasi yang sinergis dengan anggota Linmas diharapkan timbul Kemitraan Polisi dan Masyarakat.

“Tanpa kita bersinergi antara Polsek Cileunyi, Linmas, dan peran serta masyarakat maka sulit untuk mewujudkan keamanan di Desa.” ujarnya

Ditempat Terpisah, Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. menjelaskan, bahwa Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Adapun tugas dari Linmas adalah melaksanakan pengamanan swakarsa, mendukung pengamanan penyelenggaraan pemilu dan melakukan kesiapsiagaan satuan perlindungan masyarakat untuk penugasan, pencarian, pertolongan dan penyelamatan korban bencana.” Jelasnya