Warga Desa Cikampek Barat Menerima Vaksin Covid-19 Untuk 400 Orang

beritatandas.id, KARAWANG – Dalam rangka percepatan penanggulangan wabah virus Covid-19 di Indonesia pemerintah pusat mengerahkan semua elemen untuk mencapai target 100 juta orang suntikan vaksin Covid-19 di akhir Agustus 2021.

Program penanggulangan Corona yang menjadi prioritas utama dalam rangka pemulihan kesehatan rakyat, pemerintah tingkat desa menjadi pelaksana garda terakhir dalam pelaksanaan vaksin untuk rakyat.

Hal tersebut seperti yang terjadi di Desa Cikampek Barat Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang, pelaksanaan suntik vaksin untuk masyarakat di gelar di aula kantor Desa Cikampek Barat pada Selasa (31/8/2021)

Bersama Satgas dari gugus tugas Covid-19 Kecamatan Cikampek, antusias warga membeludak untuk menerima vaksin

Hj. Yuyun Yunengsih, A.Md. selaku Kepala Desa Cikampek Barat bersama Bhabinkamtibmas Aiptu Hari Putranto, Babinsa H. Asep Endin Suharja. Bidan Desa Siska Ernawati, Staf Desa dan seluruh RT, RW, tercatat kurang lebih 400 orang secara bertahap akan menerima suntikan vaksin mulaindari 31/8/ sampai dengan 4/9 dengan total dosis vaksin 1.600 dosis.

 

“Luar biasa, keinginan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi akan mempercepat penanggulangan Covid-19. Hal ini menunjukkan warga Desa Cikampek Barat ingin terbebas dari wabah Covid-19. Semua dari kita ingin hidup normal seperti berlaku sebelum ada wabah,” ujar Ustadz Anwar.

Dengan sambutan warga yang demikian tinggi, lanjut dia, Desa Cikampek Barat akan terbebas dari kluster penyebaran Virus Corona. Ustadz Anwar berharap warga terus menjaga disiplin dalam menegakkan aturan protokol kesehatan (prokes), khususnya selalu memakai masker ketika berada di ruang publik.

“Walaupun saya tidak diijinkan untuk Vaksin karena tensi tidak sesuai syarat semoga yang telah divaksin, warga harus tetap menjalankan prokes. Jangan remehkan prokes karena itu merupakan cara yang ampuh untuk mencegah dan menghentikan penyebaran Virus Corona,” kata Ustadz Anwar.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tim vaksinator dari Puskesmas Cikampek melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang memenuhi syarat kesehatan ke dalam daftar warga yang akan diberi suntikan Vaksin Covid-19.

Warga mengantre dengan tertib untuk mendapatkan giliran disuntik vaksin dan menerima bantuan. Setelah disuntik, mereka menunggu selama 15 menit untuk diobservasi terkait dampak dari suntikan. Semua warga yang divaksin dapat melewati tahap observasi ini dengan baik dan mulus.

Di lokasi kegiatan peserta, vaksinator, dan menerapkan prokses dengan ketat. Mereka menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan. Semuanya memakai masker dan mencuci tangan ketika akan masuk ke balai desa, warga juga mengatur tempat duduk agar jaraknya lebih dari satu meter.

Kades Cikampek Barat Hj. Yuyun Yunengsih.A.Md., mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Pemda Kabupaten Karawang, DKKB, IBI, Diskominfo dan Dinas Kesehatan atas diselenggarakannya vaksinasi massal di Desanya. Sehingga masyarakat yang belum vaksin, bisa mengikutinya.

 

Redaksi