Aksi Heroik Polisi Purwakarta Bantu Pemudik yang Sakit

PURWAKARTA – Personel Polres Purwakarta yang sedang melakukan pengaturan lalulintas di rest area KM 81B Tol Cipali, tepatnya di wilayah Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta dengan sigapnya membantu mengevakuasi seorang wanita yang sedang sakit.

Respon cepat dan sigap pertolongan segera diberikan personel Polres Purwakarta yang berjaga di rest area KM 81B Tol Cipali itu kepada seorang pemudik yang mengalami sesak nafas akibat kelelahan dalam perjalanan, pada Minggu, 30 April 2023, petang.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Campaka, AKP Darmaji mengatakan, kejadian itu saat anggota Polres Purwakarta sedang mengatur lalulintas sekitar rest area tol KM 81B Tol Cipali untuk memantau dan memberikan imbauan juga pesan Kamtibmas kepada pemudik yang melintas di lokasi tersebut.

“Saat petugas melakukan pengaturan lalulintas di sekitar rest area 81B Tol Cipali, tiba-tiba ada sebuah ke kendaraan yang menghampiri untuk meminta pertolongan. Mengetahui hal tersebut personel langsung sigap berikan pertolongan,” ucap Darmaji, pada Senin, 1 April 2023.

Diceritakan Darmaji, pemudik terus datang dari Kabupaten Cilacap menuju Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, kemudian terjebak kemacetan di ruas Tol Cipali.

“Diduga kelelahan dalam perjalanan, si ibu tersebut mengalami sesak nafas. Berdasarkan keterangan keluarga korban ibunya tersebut memiliki riwayat penyakit asma. Jadi dari KM 86 Tol Cipali penyakit asma si ibu kambuh, sesampainya di KM 81B meminta bantuan kepada petugas kepolisian yang sedang melakukan pengaturan di depan rest area 81B,” jelas pria yang ditugaskan menjadi Penanggungjawab Pos PAM rest area KM 81 Tol Cipali itu.

Darmaji melanjutkan, anggota Polres Purwakarta bersama Dinas kesehatan yang sedang bertugas, segera memberikan pertolongan pertama dan melakukan evakuasi dengan mobil ambulance serta memberikan pengawalan mobil menuju rumah sakit terdekat.

“Petugas kepolisian dan tim medis melakukan pemeriksaan tensi dan pemberian oksigen untuk bantuan pernafasan. Agar korban mendapatkan perawatan medis kemudian korban di evakuasi ke rumah sakit Siloam Purwakarta,” ucap Darmaji.

Kapolsek menghimbau masyarakat yang sedang mudik ataupun libur lebaran agar memperhatikan kondisi kesehatan, apabila lelah, capek ataupun kondisi badan kurang fit diharapkan beristirahat tidak melanjutkan perjalanan. Hal ini beresiko menyebakan tidak focus menyetir dan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

“Untuk pemudik yang sakit sudah dirawat di rumah sakit Siloam Purwakarta, kami menghimbau kepada pemudik atau masyarakat agar memperhatikan kondisi kesehatan sebelum dan pada saat di perjalanan. Jika pemudik capek segera istirahat di Rest Area yang ada di sepanjang Tol Cipali,” Pesan AKP Darmaji.