Aneh, Dana Bencana Alam Mau Dipake untuk Bayar Utang Proyek 2019

beritatandas.id, SUBANG – Dana Tidak Terduga (TT) digunakan untuk kebutuhan yang tidak direncanakan atau mendadak ketika sebuah daerah mengalami bencana alam, ternyata di Kabupaten Subang rencananya akan digunakan untuk kebutuhan bayar hutang Proyek Perkerjaan 2019 Pemkab Subang.

“Dana TT itu ada aturannya dan dah digunakan khusus untuk kegiatan yang tidak terduga, itu dana bantuan ketika daerah mengalami bencana, ataupun kegiatan yang tidak terduga, hutang proyek itukan kegiatan yang sudah direncanakan bukan kegiatan tidak terduga,” kata Aif Saifulrohman, Ketua Forum Pemerhati Kebijakan Publik (FPKP) Kabupaten Subang.

Lanjutnya, jika dipaksakan dana TT digunakan untuk bayar hutang, maka Pemkab Subang akan melantarkan rakyatnya jika ada bencana alam terjadi di Subang.

“Ini sangat berbahaya, bagaimana nanti nasib korban bencana alam ketika itu terjadi,” kata Aif.

Saat ini dana TT sangat dibutuhkan untuk bantuan bencana alam.

“Lihat saja di bulan Januari ini sudah banyak kejadi bencana alam dan longsor, kalau dana TT digunakan untuk bayar hutang, bisa-bisa masyarakat yang terkena bencana alam di Subang bakal jadi korban,” kata Aif.

Adanya Rencana Pemkab Subang untuk mengunakan Dana Tidak Terduga (TT) dan Dana Hibah dikatakan oleh Bupati Subang Haji Ruhimat beberapa waktu lalu,

“Kita akan naikan cadangan dana TT dari Rp3 miliar menjadi Rp35 miliar, tujuannya itu untuk membayar hutang 2019,” kata Bupati Subang saat di konfirmasi usai rapat Pemkab.

Reporter : Harun Hasyim