Angggota DPRD Jabar Ungkap Dua Tantangan dalam Berbangsa dan Bernegara

Indramayu, beritatandas.id – Anggota DPRD Jawa Barat Sidkon Djampi ungkap tantangan berbangsa dan bernegara terbagi menjadi dua, yakni tantangan yang muncul dari ekternal dan tantangan yang muncul dari internal.

Hal itu disampaikan Sidkon dalam Sapa Masyarakat dan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kertasemaya, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Jumat, 26 Agustus 2022.

Ia menjelaskan Tantangan Kebangsaan Menurut TAP MPR No.VI Tahun 2001 Tentang Etika Kehidupan Berbangsa dibagi dua. Ada internal dan eksternal.

Selain itu juga kurangnya keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagian pemimpin dan tokoh bangsa dan terakhir tidak berjalannya penegakan hukum secara optimal.

Sementara untuk yang eksternal ada dua yakni globalisasi, menurutnya pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan persaingan antar bangsa yang semakin tajam.

“Poin kedua kapitalsime, dimana makin kuatnya intensitas intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional,” ujarnya.

“Dewan dari Dapil 12 pun berharap apa yang disampaikan kepada masyarakat di MWC NU ini dapat bermanfaat dan dapat disampaikan minimal dilingkungan masyarakat sekitarnya dalam upaya membuat para masyarakat paham terkait apa itu empat pilar kebangsaan serta implementasinya,” tandasnya.***

 

Redaksi