Anggota DPRD Jabar Johan J Anwari Ungkap Penyebab Kabupaten Ciamis Kurang Diminati Investor

beritatandas.id – Anggota DPRD Jawa Barat Johan J Anwari angkat bicara soal kabar sakit hati Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang mengatakan bahwa Ciamis kurang diminati para investor.

“Boleh jadi ini faktor regulasi dan perilaku birokrasi yang menyulitkan perijinan. Sebaiknya Bupati Herdiat melakukan evaluasi semua perangkatnya agar diketahui apa yang menyebabkan investor mundur teratur,” ujar Johan.

Menurut Johan, salah satu faktor mundurnya investor, karena kebijakan pemerintah juga yang terlalu menyulitkan investor untuk berinvestasi di Ciamis. Selain itu kebijakan lainnya seperti soal pajak, peraturan daerah dan lainnya yg masih memberatkan para investor.

“Kalo mau banyak investor yang masuk ke Ciamis, maka harus diberi keringanan dan kemudahan mulai dati perijinan, sampai segala hal lainnya. Termasuk soal pajak bila perlu diberikan potongan dulu selama 1-2 tahun baru setelah itu disesuaikan,” tambah Johan.

Dikatakan Johan, kalau Bupati Herdiat mengeluh karena tidak ada investor yang masuk ke Ciamis, maka sebaiknya pelajari kembali kebijakannya dan sistemnya yg lebih memudahkan investor.