Anggota DPRD Jawa Barat Minta Pemprov Jabar Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga Akibatkan Bencana

Bandung, beritatandas.id – Cuaca ekstrem saat ini masih terjadi di seluruh wilayah Indonesia sejak awal Oktober 2022, Intensitas hujan yang tinggi akan berdampak pada gejala kebencanaan seperti banjir atau pohon tumbang.

Dampak cuaca ekstrim tersebut, sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat khususnya telah menerapkan status siaga bencana. Sedangkan untuk daerah dengan risiko kebencanaan lebih rendah, menerapkan status waspada bencana.

Terkait hal itu, anggota DPRD Jawa Bara M. faizin Minta Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk waspada Siaga 1 dalam menghadapi cuaca ekstrem yang saat ini sedang melanda Jawa Barat yang mengakibatkan bencana dimana-mana.

“Cuaca ekstrem saat ini sedang terjadi dimana-mana, maka dari itu saya menghimbau Pemprov Jabar untuk lebih waspada menghadapi cuaca ekstrem saat ini,” ungkap faizin dalam keterangannya, Sabtu (15/10/22).

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta kepada masyarakat juga untuk lebih waspada di musim penghujan ini, utamanya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah rawan terjadinya bencana.

“Selain itu, saya juga meminta masyarakat untuk dapat lebih mengenali sekitar lokasi tempat tinggal yang dapat berpotensi terjadinya bencana, seperti di bantaran kali dan kontur lokasi yang tinggi berarti rawan longsor dan banjir. Selain itu, harus waspada juga terhadap pohon tumbang jika hujan lebat disertai angin kencang,” imbuhnya.***

Redaksi