Anggota Komisi I DPRD Jabar, Nasir Berharap Pilkades Serentak di 75 Desa Tidak Menjadi Klaster Covid-19

beritatandas.id, BANDUNG – Anggota Komisi I DPRD Jabar Fraksi PKB, Nasir, mengapresiasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di empat kabupaten pada Minggu 20 Desember 2020 lalu, yang berlangsung lancar dan tertib.

Adapun daerah yang menggelar Pilkades Serentak 2020 di Jabar tersebut yaitu Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Sumedang. Secara keseluruhan, sebanyak 75 desa menyelenggarakan hajat demokrasi tersebut.

Nasir pun berharap penyelenggaraan Pilkades itu tidak menjadi klaster penularan Covid-19 serta menerapkan protocol kesehatan seperti yang dilakukan pada Pilkada serentak 9 Desember lalu.

“Sejak awal saya sudah mengingatkan untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun), jangan sampai momentum Pilkades ini jadi klaster Covid-19,” ujar Nasir, di Bandung.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan peninjauan langsung penyelenggaraan Pilkades serentak tersebut. Wakil Gubernur mengunjungi salah satu tempat pelaksanaan Pilkades di Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Wagub Jabar Uu Rhuzanul Ulum mengaku ingin memastikan penerapan protocol kesehatan pada penyelenggaraan pilkades tersebut.
Wagub melaporkan, berdasarkan hasil pemantauan, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat saat pemungutan suara berjalan. Ia pun berharap Pilkades Serentak 2020 di Jabar berlangsung dengan aman dan sehat.

“Protokol kesehatan yang saya pantau secara kasat mata ini dilaksanakan dengan baik. Kemudian tegasnya pihak aparat, terutama TNI dalam mengingatkan jaga jarak, cuci tangan, pakai masker, selalu disampaikan, ini juga merupakan sebuah kebanggaan bagi kami,” kata Uu, dalam siaran persnya.

 

Redaksi