Antisipasi Banjir, Puluhan TNI Polri di Klari Diterjunkan Bersihkan Saluran Air

Kodim 0604/Karawang,- Sinergitas TNI-Polri dan pemerintah setempat melaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan beberapa titik selokan air di Desa Duren, Kecamatan Klari, Karawang, Selasa (5/12/2023).

Gotong royong membersihkan selokan tersebut untuk mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan.

Terlihat aparat dari Personel Koramil 0412/Klari, Polsek Klari, Aparatur Kecamatan Klari, Satgas Citarum Sektor 18 bahu membahu bersama dengan warga masyarakat membersihkan saluran air, tumpukan sampah hingga lumpur yang berada didalam selokan.

Danramil 0412/Klari Kapten Inf Beneami Hulu disela sela kegiatan mengatakan  bahwa selain saluran air, sejumlah titik yang menjadi perhatian di antaranya membersihkan sampah hingga di pemukiman warga.

Dikatakannya, bahwa saat ini musim hujan telah tiba dan dikhawatirkan dapat menimbulkan berbagai permasalahan.

“Kerja bakti dilakukan karena sudah banyak tumpukan tanah dan material di selokan, dikhawatirkan terjadi penyumbatan pada selokan yang bisa menyebabkan banjir pada musim hujan ini,” ujarnya.

Ditambahkan Danramil, dia juga mengingatkan warga untuk selalu menjaga kesehatan serta waspada terhadap penyakit.

“Sekaligus kita mengingatkan warga untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan agar lingkungan bersih dan bebas dari penyakit,” tandasnya.

Sementara itu Kapolsek Klari Kompol Andryan Nugraha menyampaikan, dalam musim penghujan kegiatan kerja bakti TNI dan Polri bersama  warga merupakan upaya bersama dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan.

“Apabila gorong-gorong dan selokan tersebut mengalami pendangkalan, sehingga kalau terjadi hujan deras, debit air sangat tinggi dan selokan tidak dapat menampung air, akibatnya air meluap ke jalan,” tuturnya.

Dengan pembersihan yang diselenggarakan oleh Muspika Klari bersama seluruh elemen masyarakat lingkungan, menurutnya akan menjadi momentum kecil dalam mendorong masyarakat untuk memiliki pola hidup sehat.

Untuk sampah hasil kebersihan dikumpulkan ditempat sampah yang telah disiapkan menggunakan kendaraan pengangkut sampah dari Satgas Sektor 18 Citarum Harum dari  selanjutnya di angkut Ke TPA Jalupang.

(Team11)