Aplikasi SIMDES Untuk Dukung Percepatan Layanan Publik dan Persiapan Pilkades

beritatandas.id, PURWAKARTA – Pemdes Ciwangi, Kecamatan Bungursari, di Kabupaten Purwakarta ini, luncurkan aplikasi sistem informasi manajemen desa (SIMDES). Kegunaan app tersebut untuk mendukung serta mempercepat pelayanan publik, yang bisa di akses oleh melalui android dan komputer. Selain itu juga untuk pelayanan administrasi kependudukan.

Menurut Wiwin Suherwin, SE, PJ Kades Ciwangi, aplikasi SIMDES ini kami buat untuk kepentingan pelayanan publik di desa, agar mengurangi kesalahan dan ketidak validasian data serta kerapihan administrasi.

Inilah salah satu program yang telah diluncurkan oleh Pemdes Ciwangi

“Diantara Desa-desa di Kabupaten Purwakarta, memang ini merupakan salah satu aplikasi yang baru ada dan digunakan di sini.
Sedangkan pembuatan aplikasinya menghabiskan biaya sebesar Rp. 12-15 jutaan, ” ujar PJ Kades Ciwangi kepada beritatandas.id perwakilan Kabupaten Purwakarta, Rabu (8/1/2020) saat memperlihatkan aplikasi SIMDES ke beberapa staf kantor Kecamatan Bungursari yang berkunjung ke desa.

aplikasi SIMDES tersebut, menurut pengakuan dari Wiwin Suherwin, SE, akan digunakan untuk persiapan menjelang persiapan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2020, yang sudah di ambang mata, jelasnya.

Sedangkan untuk menjalankan aplikasi SIMDES ini, lanjut dia Pemerintahan desa harus menyiapkan operator untuk pengoperasionalannya.

Diharapkan dengan adanya aplikasi sistem informasi manajemen desa (SIMDES) ini dapat melayani kebutuhan warga dengan mudah dan cepat serta tertib administrasi.

 

 

Yusup Bachtiar