Asep Syamsudin Harapkan Sinergi Antara Infrastruktur dengan Perilaku Masyarakat Jadi Solusi Banjir Bandung Selatan

beritatandas.id, BANDUNG – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Asep Syamsudin berharap masyarakat Kabupaten Bandung turut menjaga, memelihara serta merasakan manfaat dari pembangunan kolam retensi sebagai infrastruktur sumber daya air pengendali banjir di kawasan Baleendah.

Namun, tegas Asep, pengendalian banjir tidak cukup hanya dengan pembangunan infrastruktur, perilaku masyarakat dalam mengelola sampah juga sangat penting.

“Meski infrastruktur tersebut telah dibangun, tetapi jika tidak dibarengi dengan perilaku manusia khususnya dalam memperlakukan sampah, maka upaya apapun akan sia-sia,” kata Asep Syamsudin di Bandung (24/2/2021).

Dikatakannya, lebih dari 10 tahun terakhir ini  warga Kabupaten Bandung, khusunya di wilayah Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, termasuk Bojongsoang dibuat menderita dengan banjir langganan yang menerjang setiap musim penghujan akibat luapan dari sungai Citarum.

Oleh karena itu, Asep menambahkan meminta masyarakat agar bisa merubah perilaku, salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Redaksi