Babinsa Koramil 0411/Telukjambe, Respon Dan Sigap Bantu Padamkan Api Di Lahan Desa Binaannya

Karawang, beritatandas.id – Sertu Acu Saipul Rohman , Babinsa dari Koramil 0411/Telukjambe Kodim 0604/Karawang bersama Pemdes dan warga telah melaksanakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang  terjadi di lahan milik PT Pindodeli tepatnya di dusun Jangga Desa Mulyasejati, Ciampel, Karawang. Selasa (03/10/2023).

Dalam upaya pemadaman kebakaran ini, Babinsa dan tim siaga  menggunakan  dua mobil pemadam kebakaran PT Pindodeli untuk mengatasi api yang telah menyebar di lahan seluas kurang lebih 5 hektar.

Sertu Acu mengungkapkan bahwa kebakaran ini merupakan kejadian yang sering terjadi pada saat musim panas dan sangat rawan terhadap risiko kebakaran. Kondisi lahan yang kering, ditambah angin kencang, dapat menyebabkan api dengan cepat menyebar ke area lain.

“Selain itu, musim petani membuka lahan pertanian juga dapat meningkatkan risiko kebakaran, ini perlu pentingnya tindakan cepat dalam pemadaman kebakaran, mengingat kemungkinan api akan merambat dan meluas ke lahan lain jika tidak segera diatasi,”katanya.

Pihaknya  juga mengajak masyarakat untuk tetap waspada terhadap risiko kebakaran hutan dan lahan, serta berharap agar mereka tidak menggunakan pembakaran sebagai cara untuk membersihkan atau membuka lahan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan serta tidak membakar lahan pertanian dan paya pemadaman yang dilakukan bersama dan tim siaga akan terus dilanjutkan,” pungkasnya.

Penyebab pasti terjadinya kebakaran lahan ini belum diketahui, dan investigasi lebih lanjut akan dilakukan untuk menentukan penyebabnya.

Dengan tindakan preventif dan kerjasama dari masyarakat, diharapkan dapat mengurangi risiko kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut. ( Team 11- 3)