Corona, Wakil Ketua DPRD Jabar Minta Pemprov Wajibkan Masyarakat Bermasker

tandas id, BANDUNG – Seiring terus melonjaknya warga Jawa Barat yang positif terpapar Covid-19, Wakil ketua DPRD Provinsi Jawa Barat H.Oleh Soleh meminta pemerintah provinsi Jawa Barat mewajibkan seluruh warga masyarakat Jabar untuk mengunakan masker.

Selain itu, pihaknya juga meminta Pemprov Jabar dan Pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran khusus untuk penyediaan masker sehat gratis buat masyarakat.

“Saya tadi baru rapat dengan satgas Covid-19 Jawa Barat, sungguh memperihatinkan di Jabar angkanya terus meningkat saat ini terhitung di bulan April hingga kemarin tercatat sudah ada 540 yang positif Covid-19 sebanyak 22 sembuh dan 52 meminggal dunia,” paparnya.

Dengan demikian, tutur Oleh, ikhtiar upaya pencegahan ini harus lebih dimaksimalkan misal Pemprov Jabar memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB berlaku hanya untuk lima wilayah yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kota Bogor. Begitupun dengan Bandung Raya yang wacananya akan dilakukan PSBB.

“PSBB itu adalah langkah pencegahan, jadi kalau menurut saya penerapan PSBB itu tidak harus menunggu wilayah menjadi zona merah karena itu adalah upaya pencegahan,” ucaparnya.

Selain menjaga keberesihan dan pola hidup, seperti istrihat yang cukup, makanan yang bergizi dan sebainya, bermasker tidak kalah penting baik untuk yang sakit maupuan yang sembuh, utamanya apabila keluar rumah, dan bagi yang sakit, gunakan masker sepanjang waktu untuk meminimalisir resiko penularan penyakit terhadap orang sekitar.

Bermasker ini tutur Oleh, harus menjadi budaya untuknya diperlukan sikap yang tegas dari pemerintah berkenan dengan kewajiban bermasker ini, utama juga tidak semua orang mampu beli masker, karena terdesak kebutuhan pokok, dari pada beli masker lebih baik beli kebutuhan pokok.

Untuk menanggulangi itu Oleh meminta Pemprov Jabar dan Pemda atau Pemkot di Wilayah Jabar khusunya mengalokasikan anggaran khusus buat penyediaan masker sehat gratis buat masyarakat yang tidak mampu.

“Saya rasa tidak mahal kalau negara menyiapkan masker gratis buat masyarakat yang tidak mampu, kalau seluruh masayarat sudah bermasker utama di Jabar, insya Allah Covid-19 ini akan surut di Jabar, saatnya pemprov wajibkan masyarakat untuk bermasker, tagelnya, Jabar bermasker,” pungkasnya.

Redaksi