Cuaca Buruk Nelayan Subang Gagal Melaut

beritatandas.id, SUBANG – Semenjak tiga hari terakhir para nelayan tradisional Desa Mayangan gagal melaut diakibatkan oleh cuaca buruk, para nelayan hanya murung menunggu cuaca membaik sembari memperbaiki jaring dan alat tangkap mereka yang rusak.

Para nelayan di Desa Mayangan Kecamatan Legonkulon kini tengah berlabuh di Pantai Pondok Bali, dikatakan Warso (39) salah satu nelayan asal Cirebon yang berlabuh di Desa Mayangan mengatakan, ia biasa berangkat melaut malam hari, namun jika cuaca buruk dan angin kencang ia bersama kawannya memilih berlabuh sementara di Desa Mayangan.

“Tergantung angin, kadang paling lama bisa seminggu, tiga sampai empat hari rata-rata cuaca buruk berlangsung,” ujar Warso ketika diwawancara Tribun di Pantai Pondok Bali, Desa Mayangan, Legonkulon, Subang. Senin (15/3/2021).

Diketahui sebelumnya beberapa kelompok nelayan Patimban terdampak atas adanya pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban, namun tidak dengan Warso.

Warso mengungkap isu nelayan terdampak pelabuhan mungkin benar adanya, “Mereka yang terdampak mungkin nelayan yang ada di perairan dangkal dengan pantai yang menggunakan perahu kecil, dan daerah tangkapannya sekitar Patimban, kalau kami tidak,” imbuhnya.

Secara terpisah Paturi (52) nelayan asal Desa Mayangan mengatakan, ia juga terpaksa tidak melaut karena cuaca buruk, “Kita tidak melaut anginnya kencang, biasanya angin kencan ini gak tentu, kadang dua hari kadang sampai empat hari,” ujar Paturi kepada Tribun.

Paturi mengungkap ketika ia tidak bisa melaut, ia hanya mengandalkan biaya kehidupan dari hasil tangkapan sebelum cuaca buruk, “Hasil sebelumnya meski harus ngirit kita bisa pakai belanja kebutuhan sampai dua atau tiga hari kedepan, jadi sekarang untuk makan yah ngandelin hasil melaut Jumat kemarin,” pungkasnya.

Paturi mengatakan penghasilannya dalam satu kali melaut bisa mencapai ratusan ribu rupiah, “Kalau berangkat malam biasanya, pengasilan tergantung hasil tangkapan, biasanya Rp 2 juta sampai Rp 3 juta, itu juga kita bagi saya berangkat 10 orang paling rata dapat Rp 200 ribu atau Rp 300 ribu, paling kecil Rp 150 ribu dapat lah.” papar Paturi.

Terlihat di lokasi Pantai Pondok Bali puluhan nelayan hanya pasrah menunggu cuaca membaik, tidak ada yang bisa mereka lakukan selain hanya mengisi waktu dengan memperbaiki jaring dan alat tangkap mereka.

Pekerjaan para nelayan bukanlah hal yang mudah, selain pekerjaan mereka sering dipengaruhi cuaca hasil tangkapan mereka juga tak berbuah manis jika kondisi laut dan pasang surut ombak dalam keadaan tidak stabil.

Terlebih mereka juga harus ekstra dalam memperhatikan kondisi kapal, jika tidak, mungkin nyawa mereka yang jadi tahurannya.

 

Reporter : Irvan