Dana Desa Belum Cair, Dispemdes Subang Minta Kades Jangan Demo

beritatandas.id, SUBANG – Buntut Persoalan gagal bayar Proyek 2019, akhirnya berimbas kepada lambatnya pencairan anggaran desa Kabupaten Subang, dampak dari kejadian tersebut, Pemkab Subang bakal jadi sasaran Demo Kades se Kabupaten Subang.

Kabar aksi demo muncul dari kalangan masyarakat desa, Kadis Dinas Pemerintahan Desa Nana Mulyana menanggapi, bahwa Dana Desa akan cair pada bulan Februari atau Juli.

“Dihimbau jangan melakukan aksi demo,” Kata Nana Mulyana Kadis Dispendes Kabupaten Subang, pada Senin (27/1/2020)

Kadis Dispendes juga mengakui memang ada keterlambatan, “Memang belum lagi berproses, ada perubahan pola penyaluran sesuai Permen Keu no 205 tahun 2019 selain itu salah satu persyaratan perdes APBDes di masing2 desa masih pada proses, target bulan Pebruari sudah mulai paling akhir tahap 1 bulan juni,” papar Nana.

Ditanyakan apakah keterlambatan Dana Desa ada hubunganya dengan Gagal Bayar Proyek 2019, “Gak ada hubungan dengan penundaan pembayaran menunggu juknis pola penyalurannya sama kabupaten yang lain pun belum,” Kata Nana.

Dijelaskan oleh Nana, gagal bayar Pemkab Subang tidak ada hubungannya dengan Dana Desa, “Gak ada hubungan sama bayar utang proyek 2019, karena beda posnya, lagian tahun 2020 pencairannya langsung dari KPPN Purwakarta ke rekening Kades,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Harun Hasyim