DPRD Jabar Erni Sugiyanti Minta Desa Bisa Gali Potensi Lokal

beritatandas.id, Bogor – Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi PKB Erni Sugiyanti terus menggenjot desa untuk menggali potensi lokal. Hal itu disampaikan saat menggelar reses di Kabupaten Bogor.

Menurut Erni, jika desa bisa menggali potensi lokal, maka perekonomian masyarakat akan meningkat.

“Gali UMKM di pedesaan. Ini akan memperkuat ekonomi masyarakat,” kata Erni.

Politisi mantan aktivis PMII ini juga menyampaikan, saat ini era kolaborasi, UMKM bisa berkembang pesat dengan melakukan kolaborasi terutama di sektor pemasarannya.

“Memanfaatkan pemasaran secara online. Ini bisa dilakukan jika anak-anak muda ikut terlibat,” ujarnya.

Karenanya, desa harus bisa memfasilitasi dengan melibatkan anak-anak muda di pemerintahan desa. Mendorong BUMDes untuk mengkonsolidir para pelaku UMKM dan membantu pemasarannya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

“BUMDes bisa menjadi bodal utama untuk membantu mengembangkan para pelaku UMKM di desa-desa,” tambahnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, inovasi produk juga harus dilakukan, akan membuat penampilan menarik, sehingga meski ada di pedesaan tetapi produknya modern.

“Ini bisa menjadi dayatarik untuk para calon pembeli,” ujarnya.

Menurutnya, itu langkah konkret untuk membantu warga mengatasi persoalan ekonomi di masa pandemi. Dorong pelaku UMKM untuk terus berkembang dan fasilitasi permodalannya.

“Untuk permodalan, pemerintah sudah menyiapkan KUR dengan bunga yang sangat terjangkau. Ini bisa diakses oleh para pelaku UMKM di bank-bank yang ada,” ujarnya.

Sedangkan jika yang potrnsinya di sektor pariwisata, pemerintah desa bisa memfasilitasi meningkatkan sarana dan prasarananya. ***

Redaksi