Erni Sugiyanti: Hari Santri Bentuk Tanggung Jawab Santri Atas Masa Depan Kehidupan dan Keagamaan dalam Bingkai NKRI

Bogor, beritatandas.id – Hari Santri Nasional (HSN) diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tanggal 22 Oktober, yang jatuh pada hari ini, Minggu 22 Oktober 2023.

Peringatan Hari Satri Nasional diperingati sebagai refleksi sejarah perjuangan dunia. Tepatnya peristiwa Resolusi Jihad 22 Oktober 1945.

Bertepatan dengan momentum itu, anggota DPRD Jawa Barat Erni Sugiyanti ajak masyarakat khususnya para santri untuk merayakannya dengan riang gembira.

Menurut Erni, Penetapan hari santri tak sekedar bermakna pengakuan negara atas sumbangsih kaum santri dalam merebut dan mempertahankan NKRI.

“Lebih dari itu hari santri adalah bentuk peneguhan tanggung jawab santri atas masa depan kehidupan dan keagamaan dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Erni juga mengajak para santri untuk jadi teladan dan sumber inspirasi bagi masyarakat, karena ilmu pengetahuan yang didapat dari pondok pesantren harus diaplikasikan untuk dapat dimanfaatkan baik bagi diri pribadi santri maupun kepentingan masyarakat umum.

“Santri senantiasa harus jadi teladan dan sumber inpirasi bagi masyarakat, karena para santri mendapat pendidikan akhlak dan agama yang mumpuni di pondok pesantrennya masing-masing,” katanya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan saat ini pemerintah telah menunjukan perhatian penuh kepada santri dan pesantren.

“Ini menunjukkan bahwa negara mengakui perjuangan para santri, memberikan kado istimewa yakni Hari Santri. Kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, lewat Pemerintah saat ini pesantren menjadi sektor pendidikan yang diperhatikan,” ungkapnya.

Termasuk di level Provinsi Jawa Barat, kata dia Pondok Pesantren sudah memiliki payung hukum yang salah satunya telah berhasil diperjuangkan oleh Fraksi PKB yakni Perda Fasilitasi Penyelenggaran Pesantren atau Perda Pesantren.

“Ini adalah kado terindah hasil perjuangan yang kami persembahkan untuk para santri, ustad, kyai, di dunia Pondok Pesantren,” ungkapnya.***