Gegara Banjir, Pamanukan Dikunjungi Wapres

beritatandas.id, SUBANG – Bencana banjir yang melanda Subang menadik perhatian orang nomor dua di Indonesia. Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin meninjau posko pengungsi korban banjir di Pamanukan Subang Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021).

Setelah dari Pamanukan Wapres dijadwalkan meninjau lokasi banjir di Karangligar, Karawang.

Rombongan Wapres tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB, berbeda dengan pernyataan Biro Sekretariat dan Media Istana Kepresidenan sebelumnya yang menyatakan bahwa Wapres akan meninjau bersama Menteri, namun tidak demikian. Wapres datang hanya didampingi perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kedatangan rombongan Wapres disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Bupati Subang Ruhimat di Kecamatan Pamanukan.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pengungsi korban banjir.

Adapun rincian bantuan antara lain, 1.500 paket sembako dari Presiden,10.000 paket Rapid test, 300.000 Masker, 5.000 Sarung dan 1.000 Matras. Yang merupakan bantuan dari BNPB.

Selain itu, terdapat 200 paket alat kebersihan yang disalurkan Kementerian Sosial yang terdiri dari ember plastik, sapu lidi, payung, pel, sikat bertangkai, pel dorong bertangkai serta kain lap.

Selanjutnya, Wapres diagendakan menyambangi lokasi pengungsian di Kantor Desa Karangligar, Jalan Pertamina 2, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Di lokasi tersebut, Wapres juga akan menyerahkan bantuan serupa.

Banjir yang melanda Subang dan Karawang sendiri memaksa puluhan ribu warga harus mengungsi.

Menurut informasi yang dihimpun dalam laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang tercatat 42.084 KK dengan jumlah 129.535 jiwa terdampak banjir yang melanda Kabupaten Subang dalam 21 kecamatan yang terjadi sejak 7 hingga 9 Februari 2021.

Reporter : Irvan