Gelar Kongres Tahunan ASKAB Karawang, Peserta Kongres Desak Program KLB Di Percepat

 

ASKAB Karawang Gelar Kongres Tahunan, Minggu (30/01/22)

Karawang, beritatandas.id – Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Karawang, menggelar kongres tahunan yang dibuka oleh Kasie Olahraga pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Heri Suryana. Kongres Askab PSSI Karawang Tahun 2022 ini pun dilaksanakan disebuah aula pertemuan, yang bertempat di salah satu Cafe di kawasan Galuh Mas Karawang, Jawa Barat pada Minggu (30/01/22).

Hasilnya, seluruh peserta kongres mendesak para petinggi Askab PSSI Karawang untuk segera menggelar KLB (Kongres Luar Biasa). Hal itu diminta para peserta kongres tahunan lantaran petinggi Askab PSSI Karawang dinilai acuh guna menggelar serta melaksanakan KLB.

“Kami menginginkan Askab PSSI Karawang untuk segera menggelar KLB, dan pelaksanaan KLB-nya bisa dipercepat,” ungkap salah satu peserta kongres tahunan Askab PSSI Karawang yang juga sebagai Ketua Yayasan Sekolah Sepak Bola (SSB) Kancil Mas, Agus Mustakim saat memberikan pandangannya di tengah berjalannya kongres tersebut.

Berdasarkan pantauan wartawan di lokasi, kongres yang digelar sejak Minggu pagi ini berlangsung alot. Pasalnya, sampai Minggu siang, kongres tahunan itu terpantau menuai ragam kritikan keras akan kinerja serta sepakterjang para pengurus Askab PSSI Karawang.

“Ada beberala hal jadi kendala bagi kami, utamanya sangat dirasakan oleh SSB Kancil Mas. Dan jujur saja kami akui untuk menghadirkan perwakilan pengurus Askab PSSI Karawang saja sangat sulit sekali, padahal kami tidak meminta bantuan (anggaran) atau semacamnya,” ujarnya.

“Kami hanya meminta pihak pengurus memberikan motivasi sebagai dukungan dan perhatian dari Askab saat pelepasan tim SSB Kancil Mas mengikuti sejumlah kompetisi di luar daerah, tapi hal kecil itu saja dirasa sangat sulit mendapatkan perhatian pengurus maupun petinggi Askab PSSI Karawang,” sesalnya.

Lanjut Agus Mustakim mengatakan, meski SSB Kancil Mas terdaftar sebagai klub sepakbola yang menjadi binaan di Askab PSSI Karawang, akan tetapi nasib SSB Kancil Mas beserta klub maupun SSB lainnya diisyaratkan bak seekor anak itik yang tak memiliki induknya. Sebab, sejumlah SSB yang berada di bawah naungan Askab PSSI Karawang kini nasibnya terlunta-lunta.

“Kami harus terlunta-lunta mengikuti sejumlah kompetisi sepak bola di beberapa kota di luar daerah Karawang, apakah para pengurus dan petinggi Askab pada tahu hal itu?, tidak kan. Karena di Karawang sendiri, program kerja seperti menggelar kompetisi pembinaan usia dini saja tidak ada,” bebernya.

“Maka dari itu, kami (SSB Kancil Mas) mendesak kepada pihak Askab PSSI Karawang untuk menggelar KLB secepat mungkin. Bila perlu pada momentum seperti kongres tahunan ini, langsung saja untuk dimusyawarahkan agar pimpinan sidang pada kongres tahunan kali ini bisa menentukan kepanitiaan komite pemilihan untuk KLB nanti,” tegasnya.

Atas pernyataan Agus Mustakim terhadap pimpinan sidang kongres tersebut pun sontak langsung disambut gemuruh tepuk tangan para peserta kongres tahunan, sembari menyatakan dukungannya agar KLB Askab PSSI Karawang bisa digelar dalam waktu dekat.

“Setuju…. (mengiyakan digelarnya KLB, red). Askab harus dan wajib untuk membahas kaitan dengan KLB dalam kongres tahunan kali ini, jangan nanti-nanti lagi. Harus segera dilaksanakan oleh pengurus Askab untuk segera menggelar KLB,”  kata salah satu peserta kongres tahunan Askab PSSI Karawang, Aditya.

Mendapat desakan serta kritikan keras tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Askab PSSI Karawang, H. Mukhsin menanggapi hal itu dengan santai. Sebab menurutnya, dengan adanya desakan maupun masukan dari peserta kongres tahunan, pihaknya mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut.

“Gak apa-apa, karena peserta itu memiliki hak sebagai voter atau pemilih dan nantinya juga pasti akan dilaporkan ke pihak Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jabar terkait permintaan teman-teman peserta (pemilik hak voter) yang meminta untuk digelarnya KLB Askab PSSI Karawang,” ucapnya.

“Akan tetapi yang saya inginkan saat ini, bukan gimana nanti kedepannya saya bakal maju untuk mencalonkan diri sebagai calon Ketua Askab PSSI Karawang, atau tidak ya?. Yang pasti saya mendukung, apa yang sudah disuarakan oleh teman-teman di kongres tadi, yaitu menggelar KLB Askab PSSI Karawang,” ucapnya.

Seperti diketahui, usai kepergian almarhum H. Anda Suhanda (Ketua Askab PSSI Karawang sebelumnya) yang meninggal dunia di usianya yang ke 72 tahun pada 24 April 2021 lalu, tonggak kepemimpinan jabatan Ketua Askab PSSI Karawang pun untuk sementara waktu dijabat oleh H. Mukhsin.

Ia yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Askab PSSI Karawang, kini di daulat menduduki kursi jabatan sebagai Pelaksana Tugas atau Plt Ketua Askab PSSI Karawang hingga masa bhaktinya berakhir pada Oktober 2022 mendatang.

“Terpenting saat ini, saya hanya mau fokus selesaikan tugas sebagai Pelaksana Tugas Ketua Askab PSSI Karawang sampai masa bhakti jabatan saya selesai pada Oktober 2022 mendatang,” tegasnya.

Reporter : (Lex/Not )