Generasi Cerdas Indonesia Menggelar Seminar UMKM

Makasar, beritatandas.id – Seminar UMKM yang diselenggarakan oleh Generasi Cerdas Indonesia dan Gerakan Cinta Indonesia yang mengangkat Tema:” Akselerasi Peran UMKM dengan Dunia Aviasi/Penerbangan” Dilaksanakan pada Hari Jumat,tgl. 04 October 2024,bertempat di Baruga Anging Mamiri ( Rujab Walikota Makassar) berlangsung meriah dan penuh persahabatan dihadiri lebih dari 150 peserta karena merupakan hal yang baru bagi UMKM SE Sulawesi Selatan dimana UMKM mendapat kesempatan yang luar biasa untuk masuk ke lingkungan bandara sultan Hasanuddin Makassar.

Hal ini diungkapkan oleh ka otban wilayah V Makassar bapak Dr asri Santosa, S.it, MT sebagai NaraSumber Utama bahwa UMKM yang merupakan tonggak ekonomi bangsa harus bisa masuk ke semua lini terutama di dunia penerbangan yang kita ketahui bersama setiap hari ada lebih dari 30000 per Gerakan penumpang dalam sehari di Bandara International Sultan Hasanuddin Makassar.

Program yang diajukan oleh ka otban Dr asri Santosa adalah program 5-2 yaitu 5 hari untuk penyedia katering maskapai dan UMKM mendapat kesempatan 2 hari saja dalam seminggu dikalikan selama setahun maka pemasukan untuk UMKM utk satu bandara saja sekitar. 32 milyar lebih belum ditambah lagi sovenir dan majalah atau flyer yang ditaruh di kursi penumpang karena selama ini yang ada di majalah atau brosur bukan produk anak bangsa Melainkan produk import . Dengan adanya kerjasama yang baik antara UMKM dan dunia aviasi maka perputaran ekonomi negara Indonesia akan lebih baik dan meningkat.

Beberapa syarat produk UMKM yang harus dipenuhi untuk masuk ke maskapai penerbangan sbb : 1.standar rasa 2 standar mutu 3 standar higenis 4 standar kuantitas. Hal yang sama diungkapkan oleh kadis koperasi dan UMKM Propinsi Sulawesi Selatan Dr. Ashari Fhaksirie Radjamilo,MSi bahwa produk UMKM harus naik kelas dengan melakukan banyak pembenahan dan keberlanjutan produk. Kadis koperasi propinsi mengatakan bahwa sudah banyak produk dari propinsi Sulawesi Selatan yang sudah di export ke beberapa negara dan juga sudah ada di beberapa propinsi di Indonesia bahkan sudah ada di kereta api di pulau Jawa. Artinya produk UMKM Sulsel tidak kalah dibanding dengan produk lainnya yang ada di Indonesia.

Acara ini dipandu oleh ketua umum FCC ibu Andi Oci Alepuddin, SH yang telah berpengalaman bertahun tahun di dunia UMKM dan sangat peduli dengan UMKM. Acara berlangsung dengan meriah dan akan ditindak lanjuti dengan pembukaan toko ole ole di rumah kebun bandara yang terletak di jl. Arteri Bandara baru Makassar yang rencananya akan diadakan pada tgl 11-12 oktober 2024 . Toko ole ole Makassar di rumah kebun bandara adalah tempat berkumpulnya barang UMKM dari semua kabupaten yang ada di propinsi Sulawesi Selatan baik makanan, fashion dan barang kerajinan. Toko ole ole Bandara akan bekerjasama dengan PHRI Prov. Sulsel ( Hotel) dan Asita ( Travel) Sulsel juga masyarakat yang ingin membeli makanan dari berbagai daerah.

Harapan dari kegiatan ini adalah bagaimana semua pihak dapat bergandeng tangan dan saling menolong dalam mencapai perbaikan ekonomi terus menerus dan mengikat tali persaudaraan dan rasa peduli sesama… Ewako UMKM… UMKM naik Kelas… UMKM sulsel Goes to the world… (Lex)