Hari Kartini, Erni Ajak Kaum Perempuan Makin Kuat di Masa Pandemi

beritatandas.id, BANDUNG – Dalam peringatan hari Kartini di masa pandemi seperti ini, perempuan dibutuhkan kehadirannya dengan menjadi perempuan yang mandiri, kuat, berani dan penuh dengan inspirasi sesuai dengan jalan dan cita-cita mulia Kartini.

“Penting untuk kaum perempuan meneladani sekaligus melestarikan nilai-nilai perjuangan Kartini dalam memperjuangkan nasib kaumnya, terlebih di tengah wabah Covid-19,” ujar Anggota DPRD Jawa Barat Erni Sugiyanti, dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021).

Dia menyampaikan, dengan terus tetap mengangkat harkat dan martabat perempuan yang tertindas. Perjuangan Kartini dalam hal kesetaraan gender menjadi teladan bagi masyarakat Indonesia.

Berkat upayanyalah perempuan turut memiliki kesempatan mengenyam pendudikan yang lebih baik. Bahkan bukan hanya itu, perempuan menjadi lebih memiliki peran dalam segala hal.

“Pandemi saat ini tidak lantas menurunkan peran perempuan untuk terus memperjuangkan memecahkan problem dalam masyarakat dan negara,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, spirit perjuangan harus terus diimplementasikan dalam dunia nyata bukan hanya simbol. Perempuan juga harus memiliki peran di berbagai bidang, tidak lagi menjadi yang kedua atau alternatif.

“Masa pandemi seperti saat ini haruslah kita mendahulukan kerjasama, empati yang kuat, saling support dan tentunya selalu berpegangan tangan satu sama lain,” ujarnya.

Karenanya, dia mengajak kepada seluruh perempuan di Indonesia terutama di Jawa Barat, untuk selalu punya motivasi dalam menjalankan kehidupan, perempuan bisa mengisi ruang-ruang strategis dalam turut serta memajukan bangsa dan negara.

Terlebih, negara sudah berpehak dalam berbagai hal, dalam politik misalnya, dalam mengisi parlemen proses pencalegan semua parpol dan dewan harus menyertakan 30 persen perempuan.

“Mari sama-sama manfaatkan segara regulasi yang sudah dibuat untuk mendorong perempuang memiliki eksistensi lebih,” pungkasnya.

Redaksi