Jelang Idul Adha 1443 H, Anggota DPRD Jabar Pastikan Hewan Kurban di Jabar Sehat dan Bebas PMK

Bandung, beritatandas.id – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati, mengatakan, jelang Hari Raya Idul Adha 1443 H hewan kurban yang akan dipotong sudah dipastikan dalam keadaan sehat dan bebas dari Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di Jawa Barat.

“Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha untuk tahun ini akan dipastikan aman dan nyaman, terkait untuk permasalahan Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) bagi hewan ternak, sudah ditangani secara komprehensif oleh Provinsi Jawa Barat,” ujar Rahmat.

Terkait hal itu, Rahmat anggota DPRD Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), meminta para penjual hewan ternak untuk memberikan tanda kuning di bagian telinga hewan, sebagai tanda bahwa hewan tersebut sehat dan layak konsumsi sesuai syariat agama.

“Mohon diperhatikan untuk penjual hewan kurban, sebanyak 800 ribuan hewan yang sehat secara hukum dan syariat agama harus ditandai dengan sertifikat sehat berbentuk keping kuning yang dipasang di telinga hewan kurban. Bagi para pembeli hewan kurban, untuk memperhatikan tanda kuning tersebut,” katanya.

Rahmat juga menambahkan, terkait dengan program vaksinasi dan pemberian obat bagi hewan yang sakit terus di lakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Selanjutnya, terkait dengan program vaksinasi dan pemberian obat bagi hewan yang sakit terus dilakukan untuk meminimalisir terjadinya Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) bagi hewan ternak di Jawa Barat. Hal ini akan terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, termasuk gugus tugas penanganan di level Kecamatan,” ungkapnya.***

 

Redaksi